Malam Ini Masyarakat Bisa Saksikan 4 Planet Berjajar di Langit

Cukup matikan lampu secara bersama-sama pukul 20.00-21.00.

Jakarta, IDN Times – Setiap 6 Agustus, masyarakat Indonesia memperingati Hari Keantariksaan Nasional. Tahun ini, ada hal istimewa yang bisa dinikmati masyarakat dalam menyambut hari tersebut.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan tepat pada Hari Keantariksaan Nasional tersebut masyarakat bisa menikmati langit malam dengan taburan bintang-bintang di Galaksi Bimasakti yang berada tepat diatas kepada kita.

Thomas juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menyemarakkan “Malam Langit Gelap” tersebut.

“Setelah public menikmati Gerhana Bulan Total sepanjang abad ini, mari kita semarakkan Malam Langit Gelap pada Hari Keantariksaan 6 Agustus,” ujarnya kepada IDN Times. 

1. Nikmati langit malam dengan mematikan lampu

Malam Ini Masyarakat Bisa Saksikan 4 Planet Berjajar di LangitLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Thomas menyarankan untuk bisa menikmati malam tersebut, ada baiknya lampu yang berada di luar rumah dimatikan. Hal ini bisa dilakukan pada pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat.

“Cukup matikan lampu luar secara bersama-sama pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat dan nikmati langit malam minim polusi cahaya,” katanya.

2. Bisa menyaksikan planet Venus, Jupiter, Saturnus hingga Mars

Malam Ini Masyarakat Bisa Saksikan 4 Planet Berjajar di LangitLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Pada malam tersebut, Thomas juga mengatakan masyarakat bisa menyaksikan langit malam dengan hiasan planet-planet yang ada di tata surya kita,. Terdapat empat planet yang akan berjajar dari Barat hingga ke Timur yaitu Venus, Jupiter, Saturnus, hingga Mars.

“Kemudian juga beberapa rasi bintang terkenal juga bisa disaksikan seperti Scorpio-Kalajengking, Cygnus-Angsa, dan Crux-Salib Selatan. Selain itu juga akan ada Segi Tiga musim panas yakni Vega-Altair-Deneb, dan beberapa hujan meteor,” tuturnya. 

Baca Juga: Prabowo Daftar Capres di Tanggal Cantik 08-08-18

3. Membangun kesadaran publik untuk menjaga keindahan langit dari polusi cahaya

Malam Ini Masyarakat Bisa Saksikan 4 Planet Berjajar di LangitLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Thomas juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Keantariksaan ini juga sekaligus untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga keindahan langit, terutama dari polusi cahaya.

“Membangun kesadaran tentang antariksa, baik pengembangan sains dan teknologi antariksa maupun pemanfaatannya. Malam Lagit Gelap ini juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran publik dalam menjaga keindahan langit malam dan riset astronomi yang bebas polusi cahaya,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Relawan Siap Berantem, Ini Kata Projo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya