PB HMI: 7 dari 10 Mahasiswa Tidak Tahu Pemilu 17 April 2019

Banyak pemilih muda belum sadar akan pemilu

Jakarta, IDN Times – Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Abdul Aziz, mengatakan pengetahuan pemilih muda terhadap Pemilu 2019 sangat minim.  Hal ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan HMI beberapa waktu lalu.

“Kami mencoba membuat survei kecil-kecilan, ditanya ke mahasiswa mengenai pemilu. 7 dari 10 mahasiswa yang ditanya tidak tahu kalau pemilu diselenggarakan pada 17 April 2018,” ujarnya pada Kamis (13/9).

1. Perlu memberikan ruang bagi pemuda

PB HMI: 7 dari 10 Mahasiswa Tidak Tahu Pemilu 17 April 2019IDN Times/Afriani Susanti

Aziz mengatakan pemuda perlu diberikan ruang yang lebih besar agar bisa lebih banyak berpartisipasi dalam Pemilu 2019. “Media dan penyelenggara perlu memperhatikan bahwa isu kepemiluan ini sangat dibutuhkan oleh pemuda,” ujarnya.

Baca Juga: Survei LSI: PDIP Berpotensi Menang di Pemilu 2019

2. Kesadaran akan pemilu belum sampai pada konstituen

PB HMI: 7 dari 10 Mahasiswa Tidak Tahu Pemilu 17 April 2019Rumah Pemilu

Aziz mengatakan sosialisasi yang digulirkan penyelenggara pemilu belum sampai ke orang muda, termasuk mahasiswa.

“Nah inilah hal-hal klasik yang mengindikasikan bahwa kesadaran pemilu belum sampai ke konstituen, kepada mereka yang berhak tahu. Artinya sosialisasi sampai sekarang kepada konstituen langsung masih terputus,” ujarnya.

3. Pemilih muda bisa jadi agen penyebar pesan pemilu

PB HMI: 7 dari 10 Mahasiswa Tidak Tahu Pemilu 17 April 2019geotimes.co.id

Padahal, kata Aziz, pemilih muda sangat potensial dijadikan agen yang bisa menyebarkan pesan-pesan pemilu. Peran pemuda sebagai penyebar pesan Pemilu ini akan sangat efektif karena mereka sangat aktif di media sosial.

"Generasi muda itu semangatnya, energinya, masih tinggi. Sehingga bisa menyampaikan pesan-pesan pemilu itu sendiri," ucapnya.

Baca Juga: Mantan Napi Korupsi Jadi Caleg? Ini Beda Pendapat KPU dan Bawaslu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya