Tips Tingkatkan Kualitas Ibadah di Sisa 10 Hari Terakhir Ramadan

Ramadan sebentar lagi akan usai

Jakarta, IDN Times – Tidak terasa, bulan Ramadan sebentar lagi akan selesai dalam beberapa waktu ke depan. Bagi yang disibukkan dengan berbagai kegiatan kuliah dan bekerja, Ramadan tentu terasa belum sempurna karena banyak ibadah yang mungkin terlewatkan.

Untuk semakin meningkatkan kualitas ibadah di minggu-minggu terakhir Ramadan, ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba.

1. Perbanyak membaca Alquran

Tips Tingkatkan Kualitas Ibadah di Sisa 10 Hari Terakhir RamadanANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Membaca kitab suci Alquran tidak harus dilakukan sata kamu berada di rumah, bisa dilakukan di mana saja. Jika kamu harus berangkat kuliah atau kerja menggunakan transportasi umum, kamu bisa memanfaatkan waktu ke tempat tujuan dengan membaca Alquran.

Hal ini tentu akan lebih bermanfaat apalagi di bulan Ramadan ini pahala semakin dilipatgandakan. Jadi manfaat setiap momen yang ada untuk melantunkan ayat-ayat suci dimanapun, kapanpun. 

2. Bangun sahur lebih awal untuk tahajud

Tips Tingkatkan Kualitas Ibadah di Sisa 10 Hari Terakhir RamadanANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Salah satu ibadah yang mungkin sulit untuk dijalani adalah salat tahajud karena waktu pengerjaannya yang tengah malam. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan waktu menjalankan ibadah tahajud ini adalah dengan bangun lebih awal sebelum sahur dimulai.

Mungkin kamu bisa bangun 30 menit lebih awal untuk menjalankan ibadah sembari memanjatkan doa-doa. Hal ini tentu akan membuat ibadah di bulan Ramadan semakin meningkat dan berkualitas.

3. Jangan lupa bersedekah

Tips Tingkatkan Kualitas Ibadah di Sisa 10 Hari Terakhir RamadanANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Bersedekah menjadi salah satu amalan yang harus dilakukan. Namun bersedekah pun tidak harus menunggu untuk pergi ke panti asuhan atau mengunjungi lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya. Cukup dengan menyisihkan sebagian rezeki dan diberikan kepada yang tidak mampu yang ada di sekeliling kita. 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya