Comscore Tracker

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada Juni

Presiden Joko Widodo juga ulang tahun pada Juni

Jakarta, IDN Times - Juni merupakan bulan yang cukup bermakna bagi bangsa Indonesia, karena banyak hari besar yang diperingati. Pada 1 Juni kemarin kita baru saja memperingati hari lahir Pancasila yang juga bertepatan dengan Hari Susu Nusantara, dan hari-hari peringatan baik berikutnya yang tak kalah penting pada bulan Juni. 

Tak hanya itu, pada bulan ini juga beberapa tokoh di Indonesia memperingati hari kelahirannya, di antaranya Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan juga tokoh nasional lainnya. Berikut adalah tokoh-tokoh nasional yang lahir pada Juni, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni, Begini Sejarah Singkatnya

1. Sukarno

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada JuniIlustrasi Sukarno (IDN Times/Arief Rahmat)

Tokoh pertama yang lahir pada Juni adalah Ir Sukarno, sosok tokoh nasional yang satu ini pasti sudah tak asing di telinga kita semua. Karena dia lah yang memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 bersama Mohammad Hatta. 

Sukarno lahir di Blitar, Jawa Timur pada 6 Juni 1901, Presiden pertama RI yang menjabat selama 21 tahun sejak 1945 hingga 1966. Sosok yang juga mencetuskan Pancasila ini meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970 saat sudah menginjak usia 69 tahun.

2. Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada JuniB. J Habibie, Presiden Indonesia Ketiga (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Tokoh selanjutnya adalah sosok presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Ia menjabat menjadi Presiden selama satu tahun lima bulan, menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1988.

BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang menyayangi keluarga dan pandai merakit pesawat. Sosok berjasa tersebut wafat pada 11 September 2019.

3. Soeharto

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada JuniInstagram.com/Soeharto_instagram_fanpage

Presiden kedua Republik Indonesia yakni Soeharto juga termasuk deretan tokoh yang lahir pada Juni. Sosok Jenderal Besar TNI (Purn) ini lahir di Kemusuk, Yogyakarta pada 8 Juni 1921.

Soeharto merupakan Presiden RI yang menjabat paling lama, yakni selama 31 tahun sejak 1967 hingga 1998. Soeharto wafat di Jakarta pada 27 Januari 2008.

4. Jenderal Ahmad Yani

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada JuniSosok Ahmad Yani (Buku 'Ahmad Yani, Sebuah Kenang-kenangan' hal. 11-IDN Times/Umi Kalsum)

Tokoh selanjutnya yang juga lahir pada Juni adalah Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani. Ia lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922.

Sosoknya tak asing lagi di telinga kita terkait peristiwa tragedi G30SPKI, yang menjadi salah satu dari tujuh jenderal yang diculik dan disiksa hingga gugur.

Ahmad Yani meninggal dunia di Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada 1 Oktober 1965 pada usia 43 tahun. 

5. Joko Widodo

Ini Deretan Tokoh Nasional yang Lahir pada JuniPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Joko "Jokowi" Widodo, presiden ke-7 RI juga termasuk dalam deretan tokoh yang lahir pada Juni. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961.

Sebelumnya, Jokowi terpilih menjadi Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya ia menjadi orang pertama di Tanah Air sejak 20 Oktober 2014.

Itulah tokoh dan pahlawan nasional yang lahir pada Juni. Semoga menambah wawasan kita ya guys.

Baca Juga: Berjuluk Singa Podium, Ini Biografi Sukarno

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya