Comscore Tracker

Ini Hukum Bekam saat Berpuasa

Jalani puasa Ramadan sepenuh hati ya

Jakarta, IDN Times - Menjalankan puasa Ramadan tentu ada hal-hal yang harus dihindari atau larangan, yang sifatnya langsung membatalkan puasa. Ada juga yang hanya mengurangi pahala puasa.

Namun ada beberapa larangan yang masih memunculkan pertanyaan di tengah umat muslim, lantaran perbedaan situasi ataupun karena perkembangan zaman. Salah satu yang masih menjadi pertanyaan adalah, apakah boleh melakukan bekam saat puasa?

Bekam atau metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung racun dari dalam tubuh manusia. Bekam adalah salah satu bentuk pengobatan alternatif yang banyak dipilih masyarakat. Bagaimana hukum bekam saat berpuasa?

Baca Juga: Kisah Ali bin Abi Thalib, Juru Tulis Nabi Berjuluk Gerbang Pengetahuan

1. Melakukan bekam saat puasa diperbolehkan

Ini Hukum Bekam saat BerpuasaIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Pengasuh Pondok Pesantren Annur 1 Bululawang Malang, Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi mengatakan, melakukan bekam saat berpuasa boleh-boleh saja.

"Menurut mayoritas ulama; Imam Abu Hanifah, Malik, Asy Syafi’i, berbekam tidaklah membatalkan puasa. Hanya sebaiknya dihindari, makruh saja. Kecuali jika sangat diperlukan," ujar kiai yang akrab disapa Gus Fahrur tersebut, kepada IDN Times, baru-baru ini.

2. Dalil yang memperbolehkan bekam

Ini Hukum Bekam saat BerpuasaIlustrasi berbuka puasa (Pixabay/Ahmad Ardity)

Sementara, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Aqidah Al-Hasyimiyah Jakarta KH Jamaluddin F Hasyim juga sependapat. Menurut dia, bekam tidaklah membatalkan puasa. 

"Bekam saat puasa tidak membatalkan puasa. Rasulullah SAW berbekam saat sedang puasa," kata Jamaluddin kepada IDN Times sembari mereferensikan ke sebuah dalil berikut:

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اِحْتَجَمَ وَهُوَ مُحْرِمٌ, وَاحْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah berbekam dalam keadaan ihram dan pernah berbekam sewaktu shaum (puasa). (Riwayat Bukhari.)

3. Tips tetap sehat tanpa harus bekam

Ini Hukum Bekam saat BerpuasaIlustrasi olah raga (Unsplash/Tomasz Wozniak)

Gus Fahrur memaparkan puasa itu sendiri sudah menyehatkan, banyak penelitian yang membuktikan, sejumlah metode diet juga melakukan puasa untuk detoks. Dengan mengurangi makanan tubuh lebih menyehatkan tubuh. 

Kemudian Gus Fahrur memberikan tips agar pola makan selama puasa dapat mendetoks racun dan menjaga kesehatan sesuai arahan Rasulullah SAW.

"Tips Rasulullah; selalu bersahur dan lakukan lebih pagi, menjelang subuh agar tubuh kuat sepanjang hari. Dan segera berbuka dengan sederhana, jangan terlalu berat seketika agar tubuh tidak kaget. Usahakan malam segera tidur dan bangun lebih pagi," pungkas Gus Fahrur.

Baca Juga: Kisah Utsman bin Affan, Sahabat Nabi Pemilik Dua Cahaya

Topic:

  • Aisyah Yuri Oktavania
  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya