Comscore Tracker

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari ke-5 Ramadan 1442 H

Jangan lupa baca niat sebelum berbuka biar afdol

Jakarta, IDN Times - Hari kelima Ramadan 1442 H hampir selesai kita lalui, setelah seharian beraktivitas tentu seluruh umat muslim menanti waktunya berbuka puasa. Momen dimana setelah seharian menahan lapar dan dahaga, akhirnya dapat membatalkan puasa dengan santapan lezat yang tersedia di rumah.

Namun terkadang saat mendekati waktu berbuka kita masih sibuk beraktivitas di luar rumah, entah menyelesaikan pekerjaan atau rapat mendadak, tak jarang kita tak mendengar azan magrib berkumandang.

Agar tak terlewat waktu berbuka, kita dapat mempersiapkan diri dengan mencari tahu kapan waktu berbuka tiba, kemudian menyiapkan kurma dan segelas air untuk membatalkan puasa.

Berikut doa buka puasa dan jadwal salat hari ini, Sabtu (17/4/2021), berdasarkan Kementerian Agama. 

Baca Juga: Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan 

1. Doa berbuka puasa dan artinya

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari ke-5 Ramadan 1442 HIlustrasi berbuka puasa (Dok. IDN TImes)

Setelah seharian menahan lapar, saatnya berbuka. Meskipun sudah tak sabar ingin segera membatalkan puasa, jangan sampai lupa untuk membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu agar ibadah puasa lebih afdal.

Berikut doa berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih. 

2. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari ke-5 Ramadan 1442 HMasjid Terapung, Laut Merah, Jeddah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Berikut jadwal salat pada hari kelima Ramadan 1442 H atau Sabtu 17 April 2021, dari Kementerian Agama:

  • Subuh pada pukul 04.38 WIB
  • Terbit pada pukul 05.50 WIB
  • Duha pada pukul 06.18 WIB
  • Zuhur pada pukul 11.56 WIB
  • Asar pada pukul 15.14 WIB
  • Magrib pada pukul 17.54 WIB
  • Isya pada pukul 19.04 WIB

Dirikan tiang agama dengan selalu melaksanakan ibadah salat wajib tepat waktu.

3. Tips tak mengantuk saat tarawih

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari ke-5 Ramadan 1442 HIlustrasi salat Tarawih di bulan Ramadan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Salat tarawih adalah salat sunah yang dilaksanakan spesial di bulan Ramadan, terdiri dari dua rakaat yang dilaksanakan empat atau sepuluh kali (tergantung pemahaman) ditambah tiga rakaat witir. 

Durasi salat yang panjang, tak jarang membuat kantuk datang sehingga salat menjadi kurang khusyu', sering menguap dan tidak fokus pada bacaan salat. Hal ini tak tertahankan apalagi salat dilaksanakan pada waktu malam, waktu yang tepat untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Lantas bagaimana cara mengantisipasi kantuk saat salat tarawih?

Tumbuhkan niat yang kuat sebelum melaksanakan salat tarawih agar pikiran fokus hanya untuk beribadah, kemudian jangan terlalu berlebihan mengonsumsi santapan berbuka, karena hal tersebut membuat kekenyangan dan mudah mengantuk. Selain itu, untuk mencegah rasa kantuk biasakan untuk tidur siang agar tubuh tidak terlalu lelah.

Baca Juga: Masih Pandemik, Orang Tua Tak Usah Bawa Anak Tarawih ke Masjid

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya