Comscore Tracker

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Kedua Ramadan 1442 H

Jangan lupa salat tarawih ya

Jakarta, IDN Times - Berbuka puasa adalah waktu yang dinanti-nantikan umat Islam saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga.

Sebelum berbuka puasa, jangan lupa berdoa agar nilai pahala puasa lebih sempurna. Nah, lebih penting lagi jadwal berbuka puasa, jangan sampai terlewat atau mendahului, terlebih buat kamu yang sedang dalam perjalanan.

Berikut jadwal dan doa berbuka puasa untuk wilayah DKI Jakarta, serta tips menjalankan ibadah Ramadan lainnya.

Baca Juga: Membersihkan Telinga saat Puasa Bikin Batal Gak Ya?

1. Doa berbuka puasa

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Kedua Ramadan 1442 HPexels/Tookapic

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tibalah saatnya kita membatalkan puasa ketika azan berkumandang. Nah, jangan lupa sebelum berbuka puasa kita harus membaca doa terlebih dahulu.

Berikut doa berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Semoga dengan membaca doa sebelum berbuka puasa, selain sebagai ucapan rasa rasa syukur atas rezeki-Nya, ibadah puasa kita berharap disempurnakan Allah SWT.

2. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Kedua Ramadan 1442 HIlustrasi Bedug (IDN Times/Mardya Shakti)

Salat lima waktu wajib dilakukan, lebih utama apabila dilaksanakan tepat waktu selama Ramadan, bulan di mana semua amalan dilipatgandakan pahalanya.

Berikut adalah jadwal salat pada hari kedua Ramadan 1442 H dari Kementerian Agama:

  • Subuh pada pukul 04.38 WIB
  • Terbit pada pukul 05.51 WIB
  • Duha pada pukul 06.18 WIB
  • Zuhur pada pukul 11.56 WIB
  • Asar pada pukul 15.14 WIB
  • Magrib pada pukul 17.55 WIB
  • Isya pada pukul 19.05 WIB. 

3. Keutamaan salat tarawih

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Kedua Ramadan 1442 HIlustrasi salat tarawih (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain berpuasa pada siang harinya, umat muslim juga sebaiknya menjalankan salat tarawih pada malam harinya selama Ramadan. Karena salat tarawih akan mendapat pahala luar biasa jika dilakukan dengan ikhlas karena Allah SWT.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Tapi perlu diingat, salat tarawih adalah ibadah sunah, jangan sampai lebih mengutamakan ibadah sunah dan mengesampingkan ibadah wajib seperti salat lima waktu dan puasa selama Ramadan, ya.

4. Tips mengkhatamkan Al-Quran selama Ramadan

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Kedua Ramadan 1442 HIlustrasi Al Quran (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain melaksanakan salat tarawih, membaca Al-Quran juga sumber pahala, terlebih apabila berhasil menyelesaikan atau mengkhatamkan 30 juz. Banyak umat muslim kesulitan mengkhatamkan 30 juz selama sebulan. Padahal sebenarnya mudah jika ada niat dan kemauan.

Nah, tipsnya sebelum membaca Al-Quran, niatkan diri untuk mengkhatamkan untuk meraih rida Allah SWT. Jangan sampai semata-mata karena niat lain atau pamrih. 

Membaca dua lembar Al-Quran seusai salat wajib lima waktu akan membantu kita menyelesaikan satu juz dalam sehari, dengan begitu selama 30 hari kita berhasil mengkhatamkan Al-Quran.

Mengingat perempuan tak bisa menjalankan puasa secara penuh sebulan, maka disarankan bagi kaum hawa agar menambah lembar bacaan Al-Quran seusai salat wajib. Dengan demikian, insyaallah kamu bisa mengkhatamkan 30 juz selama Ramadan.

Kamu juga bisa mengkhatamkan dua kali selama Ramadan, caranya dengan menambah dua lembar usai salat. Sehingga sehari kamu bisa menyelesaikan bacaan dua juz. Begitu juga seterusnya jika kamu ingin mengkhatamkan lebih dari dua atau tiga kali, bahkan lima kali dalam sebulan, kamu tinggal melipatgandakan.

Baca Juga: Gosok Gigi saat Siang Hari Bisa Batalin Puasa Gak Sih?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya