Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 H

Konsumsi kurma saat berbuka lebih baik

Jakarta, IDN Times - Ahlan wa sahlan yaa Ramadan, hari pertama Ramadan 1442 H jatuh pada hari ini Selasa (13/4/2021). Ramadan selalu menjadi momentum untuk bersilaturahmi dan surganya penjual takjil, biasanya sembari menunggu waktu berbuka umat muslim berbondong-bondong menuju bazar Ramadan untuk memilih takjil atau sekadar ngabuburit.

Namun sayang, tahun ini masyarakat belum bisa bebas beraktivitas di kerumunan, lantaran pandemik COVID-19. Meskipun begitu jangan terlalu khawatir, tetap ada kok hal-hal yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit. 

Sebelum mengetahui apa saja alternatif ngabuburit di rumah, yuk kita cek kapan waktu berbuka puasa tiba dan tata cara berbuka puasa yang baik sesuai syariat Islam.

Baca Juga: Cara Memastikan Kesehatan Finansial sepanjang Puasa Ramadan

1. Doa berbuka puasa

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 HIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Setelah seharian menahan dahaga dan lapar, tibalah saatnya kita membatalkan puasa. Kapan saat diperbolehkan makan dan minum saat puasa? Yakni ketika terdengar kumandang azan magrib, umat muslim diperintahkan menyegerakan berbuka dengan membaca doa. 

Berikut doa berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Seusai membaca doa berbuka puasa, segeralah berbuka dengan kurma ataupun sajian yang memiliki gizi yang seimbang. Ingat, jangan berlebihan ya.

2. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 HKegiatan salat jumat berjamaah di sejumlah masjid Jakarta (Dok. Koordinator Gerakan Bangkit dari Masjid/Arief Rosyid Hasan)

Berikut adalah jadwal salat pada hari pertama Ramadan 1442 H dari Kementerian Agama:

  • Subuh pada pukul 04.38 WIB
  • Terbit pada pukul 05.50 WIB
  • Duha pada pukul 06.18 WIB
  • Zuhur pada pukul 11.56 WIB
  • Asar pada pukul 15.14 WIB
  • Magrib pada pukul 17.55 WIB
  • Isya pada pukul 19.04 WIB

Setelah mengetahui jadwal salat hari ini, usahakan mengerjakan ibadah salat tepat waktu ya, agar pahala yang diraih lebih maksimal. 

3. Berbuka puasa secukupnya

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 HIlustrasi kolak, makanan khas Ramadan (pinterest.com/Mega Tiara)

Meskipun seharian menahan dahaga dan lapar, jangan sampai kamu berlebihan mengonsumsi makanan saat berbuka. Selain karena dapat menyebabkan ngantuk saat melaksanakan salat tarawih, makan secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Perlu diingat tubuh memiliki kebutuhan ideal terhadap kandungan gula, karbohidrat, vitamin, serat, protein, dan nutrisi lain secara seimbang. Jangan sampai karena makan takjil berlebihan, tubuh jadi tak sehat dan justru menyebabkan penyakit.

Jangan turuti napsu mata, usahakan makan yang cukup dan bernutrisi seimbang saat berbuka puasa ya, agar ibadah kamu bisa berjalan baik selama Ramadan gays.

4. Tips ngabuburit di rumah aja

Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 HIlustrasi buku (Unsplash/@thoughtcatalog)

Sembari menunggu azan magrib berkumandang atau ngabuburit, kamu bisa melakukan aktivitas ngabuburit di rumah aja untuk hal-hal yang bernilai pahala. Apalagi di tengah pandemik, usahakan kamu di rumah saja agar terhindar dari COVID-19.

Aktivitas tersebut antara lain membaca buku, menonton acara tv, mendengarkan radio, memasak untuk berbuka, atau melakukan kegiatan lain bersama keluarga. Dengan melakukan hal seperti itu juga dapat melatih diri kita agar tetap produktif dan siap memaksimalkan ibadah Ramadan.

Baca Juga: MUI Tegaskan Vaksinasi Tidak Batalkan Puasa Ramadan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya