Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Ketiga Ramadan 1442 H

Waktu imsak di hari ketiga Ramadan jatuh pada pukul 04.28

Jakarta IDN Times - Ramadan merupakan bulan yang selalu dinanti-nantikan umat muslimin di seluruh dunia. Sebab di bulan ini, Allah SWT memberikan banyak keberkahan, mengampuni dosa-dosa, dan memberikan pahala berlipat ganda untuk setiap amal kebaikan.

Untuk bisa meraih janji-janji Allah SWT tersebut, maka puasa Ramadan harus dilaksanakan sesuai dengan perintah Allah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hari ini, Kamis (15/4/2021), puasa Ramadan 1442 Hijriah telah memasuki hari ke-3.

Tentunya sebelum berpuasa, umat Muslim dianjurkan untuk sahur sebelum tiba waktu subuh. Pada waktu sahur ini juga kita melafalkan doa atau niat puasa. Berikut doa niat puasa dan waktu imsak, yang menjadi tanda dimulainya puasa hari ketiga Ramadan 1442 H.

Baca Juga: Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan 

1. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Ketiga Ramadan 1442 HIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Memulai suatu ibadah perlu diawali dengan niat yang ditujukan pada Allah SWT. Termasuk ibadah puasa Ramadan, perlu disertai niat agar tujuan ibadah jelas dan lebih afdal. 

Berikut doa niat puasa Ramadan atau doa sahur:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Jangan lupa, doa niat puasa dibaca sebelum santap sahur.

2. Waktu imsak untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Ketiga Ramadan 1442 HIlustrasi Jam (IDN Times/Sunariyah)

Berdasarkan jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada 3 Ramadan 1442 H atau 15 April 2021, waktu imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB. Selang 10 menit, azan subuh berkumandang pada pukul 04.38 WIB.

Pastikan santap habis makan sahurmu sebelum imsak agar tidak mubazir.

3. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Ketiga Ramadan 1442 HIlustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Berikut jadwal salat pada 3 Ramadan 1442 H yang bersumber dari Kementerian Agama:

  • Subuh pada pukul 04.38 WIB
  • Terbit pada pukul 05.50 WIB
  • Duha pada pukul 06.18 WIB
  • Zuhur pada pukul 11.56 WIB
  • Asar pada pukul 15.14 WIB
  • Magrib pada pukul 17.55 WIB
  • Isya pada pukul 19.04 WIB

Salat lima waktu wajib dilakukan, lebih utama apabila dilaksanakan tepat waktu di bulan Ramadan karena ganjaran yang didapat akan dilipatgandakan hingga 700 kali lipat, sebagaimana dikutip dari Hadits Riwayat Muslim:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Semua amal kebaikan anak manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan serupa hingga 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya karena ia meninggalkan syahwat dan makanan demi Aku.' Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu satu kebahagiaan saat berbuka puasa dan satu kebahagiaan lainnya saat menemui Tuhannya. Sungguh bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi.’” (HR Muslim).

4. Tips bangun sahur

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Ketiga Ramadan 1442 HIlustrasi Coffee Shop (IDN Times/Anata)

Dari KBBI, secara bahasa sahur berarti makan pada dini hari (disunahkan menjelang fajar sebelum subuh) bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Disebutkan, pada waktu inilah terdapat berkah.

Dalam sebuah hadis riwayat Anas bin Malik dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.” (Muttafaqun ‘alaih)

Meskipun begitu, banyak umat muslim yang kesulitan bangun sahur, bahkan hingga melewatkan waktu sahur sehingga menjalani puasa dengan perut kosong.

Maka dari itu, agar tidak melewatkan waktu sahur, pastikan untuk tidur jangan terlalu larut, pastikan sudah bersiap untuk tidur pada jam 10 malam, kemudian menyalakan alarm secara berulang. Terakhir jika ada waktu, sempatkan untuk tidur siang agar tubuh tidak terlalu lelah.

Baca Juga: Deretan Doa Rasulullah Memasuki Awal Ramadan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya