Comscore Tracker

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 H

Pada Ramadan pertama, waktu imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB

Jakarta, IDN Times - Tepat pada Selasa, 13 April 2021, menjadi hari pertama bagi umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 Hijriah. Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia, karena bulan ini penuh berkah dimana doa-doa akan dikabulkan dan segala jenis kebaikan pahalanya dilipatgandakan. 

Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum, mulai dari azan subuh hingga datangnya waktu berbuka yakni saat azan magrib berkumandang. 

Namun sebelum memulai puasa, terlebih dulu membaca niat doa puasa dan makan sahur. Doa niat puasa dibaca sebelum terbit fajar, baik pada malam hari maupun saat sahur.

Berikut doa niat berpuasa pada hari pertama bulan Ramadan 1442 H dan juga jadwal salat berdasarkan aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama.

Baca Juga: Buka Puasa Ditiadakan, Ini Aturan Istiqlal Selama Ramadan Tahun Ini

1. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 HIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam Hadis Riwayat (HR) Abu Daud No. 2454, At-Tirmizi No. 730, An-Nasai (4/196), disebutkan bahwa barang siapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.

Berikut doa niat puasa Ramadan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Membaca doa niat puasa wajib dilakukan agar ibadah puasa menjadi afdhol. Dengan membaca niat puasa maka tujuan ibadah kita memang untuk puasa di bulan Ramadan dan bukan untuk ibadah lainnya.

2. Waktu Imsak untuk daerah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 HMasjid Terapung, Laut Merah, Jeddah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Berdasarkan jadwal Imsakiyah puasa Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada hari pertama Ramadan waktu imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB. Selang 10 menit, waktunya azan subuh berkumandang pada pukul 04.38 WIB.

Sebelum melakukan sahur kita dapat menambah celengan pahala dengan menjalankan ibadah-ibadah sunah seperti salat malam, berzikir dan juga tadarus Al-Qur'an. Bulan Ramadan hanya datang satu kali dalam 12 bulan, maka dari itu manfaatkanlah bulan suci ini sebaik-baiknya.

3. Jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 HMasjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Berikut jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya pada 13 April 2021:

  • Subuh pada pukul 04:38
  • Matahari terbit pada pukul 05:50
  • Dhuha pada pukul 06:18
  • Zuhur pada pukul 11:56 
  • Asar pada pukul 15:14
  • Magrib pada pukul 17:55
  • Isya' pada pukul 19:04

4. Makan sahur secukupnya, jangan berlebihan

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Pertama Ramadan 1442 HIlustrasi Restoran/Cafe di London, Inggris (IDN Times/Anata Siregar)

Banyak orang menilai sahur adalah sumber energi yang akan menentukan performa seseorang selama berpuasa, sehingga tak jarang orang makan banyak dan berlebihan saat sahur. 

Padahal makan berlebihan justru membuat kita jadi tak produktif, hal ini dikarenakan lambung memiliki kapasitas terbatas dalam menampung makanan yang masuk. Makan berlebihan tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi juga tak membuat energi tersimpan bertahan lama. 

Karena itu, makanlah secukupnya dengan nutrisi seimbang, agar badan tetap sehat, kegiatan harian lancar, dan ibadah jalan terus. 

Baca Juga: Deretan Doa Rasulullah saat Memasuki Awal Bulan Ramadan

Topic:

  • Aisyah Yuri Oktavania
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya