Comscore Tracker

Sebut Padang sebagai Provinsi, Jokowi Jadi Gunjingan Warganet

Jokowi salah sebut Padang sebagai provinsi

Jakarta, IDN Times - Kunjungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang di Kota Pekanbaru, Riau, pada Rabu (19/5/2021), menjadi sorotan warganet karena orang nomor satu di Indonesia itu salah menyebut Kota Padang sebagai provinsi di Sumatra Barat.

Jokowi salah sebut saat konferensi pers yang dilaksanakan usai peninjauan tol tersebut. Dia menyebut Padang sebagai provinsi saat menyampaikan harapannya agar tol dapat berpengaruh pada peningkatan mobilitas warga. 

Warganet mengomentari kesalahan Jokowi di platform media sosial Twitter hingga trending. Bagaimana komentar warganet soal kesalahan ucapan presiden?

Baca Juga: Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan Istana

1. Menjadi trending topik pembicaraan warganet di Twitter

Sebut Padang sebagai Provinsi, Jokowi Jadi Gunjingan Warganetpexels.com/burst

Kata kunci seperti "Provinsi Padang", "Sumbar", "Sumatra Barat", hingga "Presiden Jokowi" mendadak berada di barisan fitur trending topic Twitter Indonesia akibat banyaknya pembahasan kesalahan ucap Jokowi.

Beragam komentar bermunculan, mulai yang nyinyir hingga yang bernada gurauan yang mengundang tawa. Seperti pemilik akun @Karinbahary2 yang berkomentar dengan nada menyindir.

"Kalo nasi Padang gua tau Tpi kalo provinsi Padang gua bingung dah..." cuit dia.

"Ngawi pindah ke Jawa Tengah itu udah biasa Kalau Ada Provinsi Padang itu baru luar biasa," timpal akun Twitter @JebulMania291.

Komentar bernada gurau juga disampaikan pemilik akun lain. "Provinsi padang dimana? Aku ga tau. Taunya nasi padang... Makan yuk.." cuit pemilik @Flo4uriga.

Tak ketinggalan, mantan juru bicara Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Febri Diyansyah juga turut memberikan komentar melalui akun Twitternya (@febridiansyah).

"Presiden Jokowi sebenarnya ga terlalu salah2 bgt..
Kenapa? Ya karena banyak orang hampir selalu bilang ke Padang saat ke Sumbar.. bahkan sekalipun kampung di daerah lain di Sumbar, ttp disebut Urang Awak atau kadang Urang Padang..
Trmasuk rumah makan jg dsebut RM Padang..."

Kendati, tak semua komentar berisi hujatan, salah satunya adalah pengguna Twitter ID @Mazzini_gsp yang mencuitkan, "Kenapa sih pada julid gara-gara Pak Presiden sebut 'Provinsi Riau dan Provinsi Padang?' Maklumi aja, kan Pak Presiden di video ini pidato tanpa teks. Gak usah menghujat, jadilah warga negara yg baik, jaga wibawa kepala negara."

2. Salah ucap saat sedang meninjau tol Pekanbaru-Padang

Sebut Padang sebagai Provinsi, Jokowi Jadi Gunjingan WarganetPresiden Jokowi tinjau pembangunan tol Banda Aceh-Sigli (IDN Times/Saifullah)

Usai peninjauan, orang nomor satu RI tersebut menyampaikan keterangan pers. Dalam keterangannya ia menyebutkan harapannya dengan adanya pembangunan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Pekanbaru hingga Padang. Namun hal ini menjadi ramai karena terjadi kesalahan menyebutkan provinsi untuk Kota Padang.

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5/2021).

Yang dimaksud Jokowi adalah Padang ibu kota dari Provinsi Sumatra Barat. Kota Padang terletak di pantai barat pulau Sumatra yang terdiri dari 11 kecamatan. Geografis wilayah Kota Padang yaitu 51,01 persen berupa hutan lindung, 7,35 persen terdiri dari bangunan dan pekarangan, dan sisanya adalah lahan pertanian serta pemukiman.

Perlu ketahui juga, Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra dan ibu kota provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota yang merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Kota Padang secara tatanan geografis dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 mdpl dengan luas wilayah 693,66 km².

3. Istana mengatakan hal ini hanya 'keseleo' lidah atau salah pengucapan saja

Sebut Padang sebagai Provinsi, Jokowi Jadi Gunjingan Warganetpinterest.com/Fajri Arfi

Terkait pernyataan yang bikin ramai warganet, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan, orang nomor satu di Indonesia itu tidak bermaksud menyebut Padang sebagai provinsi dan menegaskan penyebutan tersebut adalah salah pengucapan saja.

"Maksudnya Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang. Kan jalan tol dari Pekanbaru sampai Padang," kata Heru kepada IDN Times, Rabu (19/5/2021).

Kesalahan pengucapan ini memang manusiawi dan setiap manusia memiliki kemungkinan melakukannya, namun hal ini menjadi menarik dan menuai reaksi tak habis pikir netizen karena hal ini dinyatakan oleh sosok kepala negara.

Baca Juga: Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan Istana

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya