Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19

Jangan lupa Lebaran secara virtual ya

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan jam. Hari yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia setelah berpuasa selama satu bulan. Meski tak diperbolehkan mudik demi mencegah lonjakan kasus positif COVID-19, semangat hari kemenangan jangan sampai kendur.

Agar tetap aman dari COVID-19, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat, memperhatikan panduan penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H, sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama No 7 Tahun 202. Hal ini perlu ditaati agar pelaksanan ibadah dapat terhindar dari paparan virus corona.

Berikut beberapa tips menjalankan salat Ied untuk mencegah paparan virus corona.

1. Melaksanakan ibadah salat Ied berdasarkan panduan dari Menteri Agama

Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19

Menyambut hari kemenangan dengan aman adalah prioritas bagi kita semua, jangan sampai kita lengah lantaran pandemik masih belum usai. Dengan menjaga kesehatan diri dan mengikuti protokol kesehatan, kita dapat berkontribusi untuk mencegah penyebaran dan menstimulasi berakhirnya pandemik.

"Perlu adanya persiapan yang baik, demi menjalankan ibadah yang kusyuk, tetapi tetap aman. Mengingat kita merayakan Idul Fitri untuk kedua kalinya di masa pandemik COVID-19," ujar Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Mei 2021.

Untuk itu, diharapkan kontribusi dari pemerintah daerah dan masyarakat untuk menjalankan panduan dengan benar dan sungguh-sungguh. "Insya Allah kesungguhan kita menjalankan ini semua dapat membuahkan hasil untuk kondisi COVID-19 yang lebih baik di masa yang akan datang," pesan Wiku.

Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19Panduan penyelenggaraan Idulfitri 1442H/2021 M. (IDN Times/Aditya Pratama)

2. Menjaga protokol kesehatan saat penyaluran zakat

Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19Panitia zakat fitrah di Masjid At-Taqwa Polda Bali, Denpasar, Bali, menerapkan layanan penerimaan zakat fitrah dengan metode nontunai melalui rekening bank sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Tak hanya ibadah salat ied yang harus diperhatikan, amal sosial yang berkaitan dengan hari raya ini juga harus diperhatikan praktiknya. Amal sosial yang kita kenal sebagai zakat fitrah ini nantinya pasti akan disampaikan kepada fakir miskin, maka itu protokol kesehatan juga harus tetap dilaksanakan dengan baik.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau praktik zakat, infaq, hingga sedekah disalurkan melalui lembaga resmi seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), atau lembaga amil zakat resmi lainnya.

3. Panduan penyelenggaraan sebelum dan sesudah salat Idul Fitri

Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19Masjid Raya Al Mashun dipadati jemaah salat Ied, Minggu (24/5). Warga tetap mengikuti salat berjamaah meski khawatir tertular COVID-19 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Berikut adalah panduan penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H pada masa pandemik berdasarkan ketetapan SE Menag No 7 Tahun 2021:

  • Sebelum salat Ied

- Pelaksanaan takbiran dilakukan terbatas (maksimal 10%) dan tidak ada kegiatan takbiran keliling.
- Panitia Hari Besar Islam/Salat Idul Fitri mencari tahu informasi status zonasi kepada Satgas daerah di tingkat desa atau kelurahan.
- Mempersiapkan tenaga pengawas penerapan protokol kesehatan.

  • Saat salat Ied

- Hanya dilakukan di ruangan terbuka dan diizinkan pada lingkungan RT yang berada di zona kuning dan hijau.
- Harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat:
a. Tidak melebihi 50% kapasitas.
b. menyediakan alat pengecek suhu.
c. Tidak diikuti warga lanjut usia (lansia) atau orang baru sembuh ataupun juga yang baru kembali dari perjalanan.
d. Memakai masker dari awal datang hingga pulang.
e. Mempersingkat khutbah (maksimal 20 menit) dengan menggunakan pembatas transparan diantaranya.
f. Menghindari berjabat tangan dan bersentuhan fisik.

  • Setelah salat Ied

- Silaturahmi hanya dilakukan dengan lingkungan terdekat.
- Tidak melakukan open house atau halal bihalal di lingkungan kantor atau komunitas.

Tips Melaksanakan Salat Idul Fitri Agar Aman dari COVID-19Larangan Halal Bihalal dan Open House saat Idulfitri 1442 H/2021 M. (IDN Times/Aditya Pratama)

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya