Antusias Jemaat Misa di Gereja Katedral Tinggi, Panitia Buka Pendaftaran Online

Mantan Wapres Tri Sutrisno juga ke Katedral

Jakarta, IDN Times - Gereja Katedral di Jakarta Pusat, akan menggelar tiga kali Misa malam ini. Misa kali ini bertema Damai Kristus dalam Nuansa Nusantara.

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Swadie mengatakan, Katedral Jakarta dapat menampung jemaat hingga 6.000 orang per Misa. Agar jemaat tidak berdesakan di gereja, pihaknya membuat sistem pendaftaran online sebagai jemaat.

1. Jemaat Misa di dalam Katedral mendaftar secara online dan offline

Antusias Jemaat Misa di Gereja Katedral Tinggi, Panitia Buka Pendaftaran OnlineIDN Times/Achmad Mustaqim

"Tahun ini berbeda, karena untuk tahun ini dilaksanakan registrasi online maupun offline. Itu untuk pukul 17.00 WIB maupun pukul 20.00 WIB," kata Susyana di Katedral, Minggu (24/12).

Susyana menjelaskan pendaftaran online hanya dibuka bagi jemaat yang akan mengikuti Misa di dalam gereja. Pihak Katedral juga menyediakan 3.500 kursi di tenda untuk jemaat yang hadir tanpa registrasi, yang akan berada di halaman gereja.

"Tidak semua harus registrasi jadi terbatas sesuai dengan kapasitas gedung 800 umat, kemudian juga dengan aula lantai dua itu di 600 umat. Sisanya kami sediakan tenda itu ada sekitar 3.000 sampai 3.500 kursi untuk bisa tampung umat yang datang," ujar dia.

2. Sosialisasi pendaftaran sejak sebulan lalu

Antusias Jemaat Misa di Gereja Katedral Tinggi, Panitia Buka Pendaftaran OnlineIDN Times/Achmad Mustaqim

Menurut Susyana pihaknya sudah melakukan sosialisasi untuk pendaftaran Misa secara online sejak sebulan yang lalu.

"Sosialisasi dilakukan sejak satu bulan yang lalu, yaitu di awal adven (sebelum Natal) pertama itu sudah disosialisasikan dan disiapkan keterangan-keterangan yang latar belakang, bagaimana cara online dan registrasinya. Itu pelaksaanaanya di satu minggu sebelum Misa malam Natal," tutur dia.

Baca juga: Jelang Perayaan Natal, Gereja Katedral Tampil Lebih Unik

3. Tema Natal soal pengamalan Pancasila

Antusias Jemaat Misa di Gereja Katedral Tinggi, Panitia Buka Pendaftaran OnlineIDN Times/Teatrika Putri

Sementara, kata Susyana, tema Natal tahun ini masih mengangkat soal pengamalan Pancasila. Hal itu juga diterapkan pada dekorasi yang dipasang di sekitar Katedral.

"Dekorasi ini diambil dari barang yang mudah didapat dari lingkungan kita seperti bambu rotan atap rumbia jerami, kemudian kain nusantara, mulai membangun kandang Natal, kemudian hiasanya," ucap dia.

4. Mantan Wapres Tri Sutrisno meninjau Katedral 

Antusias Jemaat Misa di Gereja Katedral Tinggi, Panitia Buka Pendaftaran OnlineIDN Times/Achmad Mustaqim

Sementara, pantauan IDN Times, sebagian jemaat tampak mulai mendatangi Gereja Katedral sejak pukul 14.00 WIB. Jemaat umumnya datang bersama keluarga. Mereka langsung menduduki kursi yang telah disediakan panitia di tenda halaman gereja.

Sejumlah tokoh yang terpantau hadir adalah Wakil Presiden ke-6 RI Tri Sutrisno. Sutrisno yang menggunakan kemeja batik itu datang ke Katedral sekitar pukul 16.00 WIB.

Pejabat negara seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan juga dijadwalkan akan menghadiri Katedral sore ini.

Baca juga: 6.000 Umat Kristiani Diperkirakan Penuhi Gereja Katedral saat Natal

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya