#BFA 2018: Menperin Ungkap Dua Kunci Sukses Industri Kosmetik

Digitalisasi membuat pengusaha mudah menyentuh pasar

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto menghadiri acara BeautyFest Asia Award 2018. Selain acara malam anugerah, acara ini juga menghadirkan sekitar 28 industri kosmetik.

1. Industri kosmetik berkaitan dengan inovasi

#BFA 2018: Menperin Ungkap Dua Kunci Sukses Industri KosmetikIDN Times/Kevin Handoko

Airlangga mengatakan industri kosmetik sangat berkaitan erat dengan inovasi. Baik dari tingkat kecil, menengah, maupun besar.

"Industri ini tidak terpisahkan dari inovasi, dan ini tidak terpisahkan dari induatri smal, menengah dan besar," ujar dia saat memberikan sambutan di BeautyFest Asia Award 2018, Ciputra Artpreuner, Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu (18/3).

Baca juga: #BFA2018: Menperin Dorong Tumbuhnya Pengusaha Millenials di Bidang Kosmetik

2. Kunci kemajuan industri kosmetik adalah supply chain and domestic market

#BFA 2018: Menperin Ungkap Dua Kunci Sukses Industri KosmetikIDN Times/Kevin Handoko

Airlangga menyebutkan ada cara yang harus diperhatikan bagi pelaku industri agar industri kosmetik maju. Pertama, menjamin ketersediaan barang (supply chain management) dan kedua, menjaga pasar dalam negeri (domestic market).

"Kuncinya adalah supply chain dan domestic market. Itu dua hal yang menjadi kunci pengembangan industri," kata dia.

3. Pekembangan digital membuat pengusaha mudah masuk menyentuh pasar

#BFA 2018: Menperin Ungkap Dua Kunci Sukses Industri KosmetikIDN Times/Kevin Handoko

Ketua Umum Partai Golkar ini menyebutkan industri kosmetik yang menggunakan media sosial sebagai pemasaran sangat mudah berkembang, terutama bagi pengusaha muda. Media sosial membuat pemasaran produk mereka lebih mudah menyentuh pembeli.


"Dengan pengembangan revolusi industri keempat dengan pengembangan digital, maka lebih mudah daripada new enterpreuner atau young enterpreuner atau pengusaha muda untuk bisa masuk market, masuk pasar lebih mudah sekarang," kata Airlangga.

BeautyFest Asia 2018 adalah konferensi dan pameran kecantikan terkemuka di Asia Tenggara yang diselenggarakan Popbela.com. Pameran ini menampilkan influencer kecantikan global, produk kecantikan terkini, dan tren terkini serta inovasi di industri kecantikan.

Beragam diskon dan promo menarik ditawarkan di acara yang digelar sejak 16-18 Maret ini. Mulai dari Maybelline hingga Wardah ramai dikunjungi karena menggelar diskon istimewa.

Acara ini juga dihadiri dua menteri Kabinet Kerja yakni Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. #BeautyFestAsia2018 #BFA2018 #DiversityisBeautiful.

Baca juga: #BFA2018: Rangkaian Pemenang dalam Acara Beauty Awards di BeautyFest Asia

Topik:

Berita Terkini Lainnya