Panglima TNI Siap Buka-Bukaan Penyebab Kecelakaan Tank di Jawa Tengah

Komisi I DPR segera memanggil Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipanggil Komisi I DPR bidang pertahanan terkait kecelakaan yang menimpa alat utama sistem pertahanan (Alutsista) yang terjadi sepekan lalu.

1. Panglima siapkan jawaban soal kecelakaan Tank di Jawa Tengah

Panglima TNI Siap Buka-Bukaan Penyebab Kecelakaan Tank di Jawa TengahIDN Times/Akhmad Mustaqim

Panglima Hadi menjelaskan dirinya telah menyiapkan jawaban terkait dua peristiwa yang salah satunya merenggut korban jiwa. Dirinya siap buka-bukaan tentang penyebab kecelakaan itu, terutama terkait kecelakaan Tank di Sungai Bogowonto, Purworjo, Jawa Tengah, yang menyebabkan 2 orang meninggal.

"Ya kita akan siapkan, kita sampaikan, yang jelas kalau memang sudah ada hasilnya kita sampaikan ada hasilnya, tapi kalau belum kita sampaikan bahwa masih dalam proses investigasi," kata Panglima TNI Marsekal Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3).

Baca juga: Dianggap Menghina Mantan Panglima TNI, Nikita Mirzani Dipanggil Polda Metro

2. Panglima akan didampingi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Panglima TNI Siap Buka-Bukaan Penyebab Kecelakaan Tank di Jawa TengahIDN Times/Akhmad Mustaqim

Panglima Hadi menjelaskan dirinya nanti akan didampingi oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan sejumlah kepala staf TNI. "Nanti yang di sana Menhan (Ryamizard Ryacudu) bersama panglima TNI didampingi kepala staf," ucap Panglima Hadi.

3. Ketua DPR sebelumnya meminta Komisi I memanggil Panglima TNI

Panglima TNI Siap Buka-Bukaan Penyebab Kecelakaan Tank di Jawa TengahIDN Times/Akhmad Mustaqim

Sebelumnya Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi I memanggil Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pemanggilan itu untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tank milik Yonif Mekanis Raider 412/ Kostrad di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang menewaskan dua orang.

"Pimpinan DPR telah meminta Komisi I melakukan pengecekan terhadap mitranya, terutama Panglima TNI, mengecek mengapa bisa terjadi," kata Bambang seperti dikutip dari Antara, Senin (12/3).

Sebagai informasi Tank M113A1 milik TNI AD terseret arus di Sungai Bogowonto Purworejo, Jawa Tengah. Tank tersebut sedang melaksanakan Out Bond bersama 20 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK Sindurjan.

Kecelakaan Tank di Purworejo itu menewaskan dua orang, yakni satu prajurit TNI AD Pratu Randi dan Ketua Yayasan TK Ananda, Iswandari. Mereka berdua tewas karena terseret arus Sungai Bogowonto.

Baca juga: Sepekan Ada Dua Kecelakaan Alutsista, TNI Lakukan Investigasi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya