Comscore Tracker

4 Anggota DPR Meninggal karena COVID-19, Berikut Daftarnya

Pada awal 2021, dua anggota DPR meninggal  

Jakarta, IDN Times - Menyambut 2021, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) justru diselimuti duka karena kehilangan dua anggotanya, yaitu anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDIP Bambang Suryadi dan anggota Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong.

Keduanya meninggal dunia akibat COVID-19. Bambang Suryadi meninggal dunia pada hari ini, Senin (4/1/2021), pukul 03.40 WIB di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta. Sedangkan, Ali Taher mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu 3 Januari 2020 pukul 14.00 WIB di Rumah Sakit Islam Jakarta.

Bukan hanya itu, sebelumnya DPR juga telah kehilangan dua orang akibat keganasan virus COVID-19. Berikut kilas baliknya.

1. Imam Suroso jadi anggota DPR pertama yang meninggal karena COVID-19

4 Anggota DPR Meninggal karena COVID-19, Berikut DaftarnyaInstagram Anggota DPR RI Imam Suroso

Sebelum kepergian Ali Taher, DPR juga telah kehilangan dua anggotanya karena virus SARS-CoV-2 yang mematikan tersebut. Anggota DPR pertama yang meninggal akibat COVID-19 adalah politikus PDI Perjuangan Imam Suroso.

Imam Suroso meninggal dunia pada masa awal pandemik, yaitu Jumat 27 Maret 2020. Sebelum meninggal dunia, Imam memang masuk ke dalam list Pasien dalam Pengawasan (PDP) COVID-19.

Sebelum meninggal, anggota Komisi XI DPR yang membawahi bidang kesehatan dan ketenagakerjaan itu sempat mengimbau masyarakat menjaga pola hidup sehat, agar tidak terserang COVID-19.

"Masyarakat tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat. Kami yakin, dengan demikian imunitas tubuh akan meningkat sehingga tidak mudah sakit," demikian cuitan terakhir Imam melalui akun Twitter pribadinya @H_imam_suroso pada 7 Maret 2020 silam.

Baca Juga: Jenazah Pasien COVID-19 Nyaris Tertukar, Ini Penjelasan RSUD Bogor

2. Ketua Fraksi Gerindra Komisi XI Soepriyatno meninggal dunia pada Oktober 2020

4 Anggota DPR Meninggal karena COVID-19, Berikut DaftarnyaAlmarhum Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno. Instagram/Gerindrajatim

Kemudian DPR kembali berduka pada Oktober 2020. Kali ini kabar tersebut datang dari Fraksi Gerindra. Ketua Fraksi Gerindra di Komisi XI DPR, Soepriyatno, meninggal dunia akibat COVID-19 pada 9 Oktober 2020.

Ia meninggal setelah dua pekan dirawat di rumah sakit sejak terkonfirmasi positif. Soepriyatno diketahui terinfeksi COVID-19 pada saat melakukan tes swab PCR rutin yang digelar DPR.

Kala itu, Soepriyatno memang menjadi salah satu anggota dewan yang aktif hadir di kantor untum mengurus Badan Anggaran (Banggar) dan Fraksi Gerindra.

3. Sudah ada 22.734 orang meninggal dunia akibat COVID-19

4 Anggota DPR Meninggal karena COVID-19, Berikut DaftarnyaIlustrasi pemakaman pasien positif COVID-19. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat, per Minggu 3 Januari 2021, kasus kematian akibat virus mematikan tersebut telah mencapai 22.734. Angka tersebut mencapai 3 persen dari total kasus yang berjumlah 765.350.

Selain itu, Satgas COVID-19 juga mencatat sebanyak 631.937 orang berhasil sembuh dari COVID-19. Sehingga, persentase kesembuhan di Tanah Air mencapai 82,6 persen.

Baca Juga: Jenazah Pasien COVID-19 Nyaris Tertukar, Ini Penjelasan RSUD Bogor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya