4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy Ariestanty

Menurut Windy writer's block hanya kata keren dari malas

Jakarta, IDN Times - Traveler dan Pegiat Literasi Indonesia, Windy Ariestanty, memberikan tips agar seorang penulis bisa keluar dari kondiri writer's block. Writer's block adalah momen di saat penulis tidak dapat menuangkan idenya ke dalam sebuah tulisan.

"Aku termasuk penulis yang tidak percaya pada writer's block itu adalah sebutan pada saat kita lagi males aja," ujar Windy di acara "Indonesia Writers Festival 2019" yang digelar IDN Times, Jumat (6/9) di Jakarta.

Windy mengatakan seorang penulis biasanya mempunyai deadline yang harus dipenuhi. Sehingga penulis harus mempunyai cara untuk keluar dari kondisi writer's block. "Aku tidak bisa datang ke editor ku karena alasan writer's block, kan?" ujar Windy.

Nah berikut ada beberapa tip agar seorang penulis dapat keluar dari kondisi writer's block

1. Berhenti sejenak, lakukan aktifitas lain

4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy AriestantyIDN Times/Kevin Handoko

Windy menjelaskan, cara terdekat yang bisa dilakukan saat writer's block adalah berhenti sejenak. Windy menyarankan untuk lakukan hal di luar dari aktifitas menulis. PIlih aktivitas yang dapat memunculkan ide.

"Berenti sebentar, lakukan aktivitas yang memunculkan ide" ujar Windy.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Membuat Tulisan Travelling Ala Trinity

2. Bertemu dengan teman

4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy AriestantyIDN Times/Kevin Handoko

Windy mengatakan, sebagai penulis, kita harus berteman dengan banyak penulis lain. Menurutnya, teman tersebut bisa menjadi teman diskusi. Melalui percakapan ringan sampai sesi diskusi, momen itu dapat memunculkan perspektif, pandangan serta ide baru.

"Bertemu dengan teman. Ketika kebuntuan, itu datang, teman itu akan jadi teman diskusi mu," jelas Windy.

3. Baca buku

4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy AriestantyIDN Times/Kevin Handoko

Membaca buku adalah salah satu cara untuk keluar dari kondisi writer's block. Menurut Windy, membaca buku dapat menjadi stimulus tumbuhnya ide serta insiprasi untuk menulis.

"Lakukan hal lain yang memunculkan ide, baca buku lain," ujar Windy.

4. Segera kembali menulis, jangan berlindung di kata writer's block

4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy AriestantyIDN Times/Kevin Handoko

Windy mengatakan hal terpenting agar keluar dari kondisi writer's block adalah segara kembali menulis. Windy menjelaskan, seorang penulis merupakan seniman yang unik. Dalam berseni, penulis dituntut untuk disiplin.

Dengan demikian, penulis harus disiplin dan kreatif dalam waktu yang sama. "Penulis memiliki deadline, kembali dengan segera untuk menulis. Jangan bersembunyi di kata writer's block" tutup Windy.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Cewek Cuek Bin Simpel Saat Travelling Patut Ditiru!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya