5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di Juli

Selalu berhati-hati dalam berkendara, ya!

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (1/12). Kecelakaan tersebut terjadi tepat di Tol Cipali KM 113+200 jalur B. Kecelakaan terjadi antara minibus Avanza dan truk pengangkut sepeda motor. Akibatnya, enam orang disebutkan tewas dan satu orang lainnya luka berat.

Ini bukan satu-satunya kecelakaan maut mengerikan yang terjadi di ruas Tol Cipali dalam setahun terakhir. Berikut lima kecelakaan maut di ruas Tol Cipali selama 2019.

Baca Juga: [BREAKING] Kecelakaan di Tol Cipali, 6 Orang Tewas

1. Kecelakaan antara Bus Sinar Jaya dan Arimbi Tewaskan 7 orang di KM 117 pada pertengahan November

5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di JuliKondisi Bus Arimbi setelah ditabrak Bus Sinar Jaya dalam kecelkaan di Tol Cipali KM 117, Kamis 14 November 2019 ANTARA FOTO/Arie Nugraha

Pada November 2019, kecelakaan maut terjadi di ruas Tol Cipali KM 117, pukul 00.15 WIB. Kecelakaan pada Kamis (14/11) ini menewaskan 7 orang.

Peristiwa berawal saat Bus Sinar Jaya melaju dari arah Jakarta. Namun, bus tersebut tiba-tiba menyerobot jalur 2 dan tabrakan pun terjadi dengan Bus Arimbi yang sedang melaju dari arah Cirebon ke Jakarta.

Tujuh penumpang Bus Arimbi tewas. Sementara belasan lainnya luka-luka. Sopir bus Sinar Jaya bernama Sanudin, 42 tahun, mengalami luka berat.

2. Dua belas orang tewas akibat kecelakaan beruntun di KM 150 pada pertengahan Juli

5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di JuliHumas Polres Majalengka

Kecelakaan maut kali ini terjadi sangat mengenaskan di ruas Tol Cipali KM 150. Hal itu lantaran kecelakaan terjadi akibat seorang penumpang Bus Safari Dharma mengganggu konsentrasi pengemudi.

Berdasarkan pemeriksaan, penumpang tersebut bernama Anshor, 29 tahun, mengidap gangguan jiwa sehingga menyerang sopir. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Jumat (12/7).

Bus Safari Dharma menabrak mobil Innova nopol B 168 DIL dan menabrak kendaraan Expander B 8137 PI, juga menabrak truk bernopol R 1436 ZA.

Kecelakaan tersebut menewaskan 12 orang, 2 luka berat, dan 10 orang lainnya luka ringan.

3. Tiga orang tewas di tempat akibat tabrakan di KM 133+900 pada akhir Juli

5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di JuliIDN Times/Andra Adyatama

Pada Juli, kecelakaan maut terjadi dan menewaskan tiga orang di ruas Tol Cipali KM 133+900 pada pukul 22.30 WIB, Sabtu (27/7). Selain tiga orang tewas, dua orang mengalami luka berat dan tujuh lainnya luka ringan.

Kecelakaan beruntun itu melibatkan tiga kendaraan yaitu, truk Fuso K 1877 AC, Bus Sinar Jaya B 7021 IZ, dan Minibus Avanza BE 1599 AJ.

Kronologi kecelakaan diawali saat Bus Sinar Jaya yang sedang melaju dari arah Cirebon kehilangan kendali. Bus itu pun menabrak truk Fuso. Lalu, Bus Sinar Jaya oleng ke arah kanan menyeberang jalur berlawanan dan menabrak Avanza.

4. Kecelakaan kendaraan bak terbuka di KM 154.800, lima orang tewas terbakar pada 19 Juli

5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di JuliHumas Polres Majalengka

Masih di bulan Juli, kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Cipali KM 154.800. Kecelakaan itu terjadi antara kendaraan bak terbuka dan minibus APV pada pukul 23.00 WIB, Jumat (19/7).

Kedua kendaraan tersebut terbalik dan terbakar. Akibatnya, lima orang dinyatakan tewas karena terjebak di dalam kendaraan.

5. Tabrakan beruntun di awal 2019 tewaskan empat orang

5 Kecelakaan Maut Mengerikan di Tol Cipali, Banyak Terjadi di Juli(Ilustrasi) IDN Times/Andra

Pada Selasa, 23 April 2019, pukul 14.30 WIB, kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cipali KM 138. Kecelakaan itu menewaskan empat orang, empat luka berat, dan lima orang lainnya luka ringan.

Kecelakaan beruntun itu dimulai saat mobil CRV dengan nopol B 114 BIL melaju dari arah Palimanan menuju Cikopo tiba-tiba menabrak Mitsubishi Pajero D 1537 PN.

Lalu, mobil CRV pun oleng ke kiri dan menabrak petugas maintenance yang sedang membabat rumput di row jalan.

Sementara itu, Mitsubishi Pajero oleng ke kanan menyeberang ke jalur A dan menabrak Toyota Hice B 7264 AW.

Baca Juga: Hasil TAA Bakal Ungkap Peristiwa Kecelakaan Maut di Tol Cipali

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya