Comscore Tracker

Anggota DPR Dorong Penggunaan TMC untuk Tanggulangi Banjir

Pemerintah diminta gunakan teknologi untuk cegah bencana

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta Kemenristek/BRIN mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengurangi risiko banjir di beberapa wilayah. Menurutnya, pemerintah juga perlu memaksimalkan alokasi anggaran penanggulangan bencana menggunakan TMC.

"Ini untuk menghindari kerugian lebih besar di wilayah rawan banjir," kata Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times (24/2/2021).

 

 

 

1. Sudah saatnya pemerintah gunakan teknologi untuk tanggulangi bencana

Anggota DPR Dorong Penggunaan TMC untuk Tanggulangi BanjirPetugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Mulyanto mengatakan, sudah saatnya pemerintah menanggulangi bencana menggunakan pendekatan teknologi. Apalagi teknologi untuk mitigasi bencana itu sudah tersedia.

"Tinggal diaplikasikan sesuai kebutuhan," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Baca Juga: Jabar Diprediksi Kembali Dihantui Banjir di Akhir Februari 2021

2. Mulyanto yakin Komisi VII DPR akan dukung penerapan TMC

Anggota DPR Dorong Penggunaan TMC untuk Tanggulangi BanjirIlustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Mulyanto yakin Komisi VII DPR RI akan mendukung penerapan teknologi BPPT tersebut. Sehingga hujan dapat dipercepat turun di daerah yang tidak rawan, sedangkan risiko banjir dapat direduksi.

"TMC ini sudah proven (terbukti), yang dibutuhkan adalah dukungan anggaran pemerintah pusat kepada pemda terkait atau via BPPT dalam rangka operasionalisasi teknologi ini," ujar Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan ini.

3. Hasil penerapan TMC selama ini dinilai cukup baik

Anggota DPR Dorong Penggunaan TMC untuk Tanggulangi BanjirIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Mulyanto menjelaskan, berdasarkan pengalaman selama ini, hasil penerapan TMC dinilai cukup baik. Untuk itu sekali lagi ia meminta pemerintah memprioritaskan anggaran untuk aplikasi teknologi TMC.

"Agar masyarakat yang tengah terkena musibah pandemik COVID-19 tidak diperberat dengan musibah banjir," ujarnya.

Baca Juga: Kadis SDA DKI Baru Beberkan Strategi Pengendalian Banjir Jakarta

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya