Comscore Tracker

Anies Baswedan Berkurban Sapi Limousin Berbobot 1,3 Ton

Riza Patria juga sumbang sapi Limousin berbobot 1 ton

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria menyumbang sapi jenis Limousin dengan bobot masing-masing 1,3 ton dan satu ton. Dua sapi tersebut menambah hewan kurban pegawai negeri sipil (PNS) se-DKI Jakarta yang berjumlah 156 sapi dan 259 kambing.

"Ini kami menitipkan sapi dengan berat 1,3 ton, kemudian sapi yang dari Pak Wagub tadi beratnya satu ton, yang nanti akan dipotong di RPH (Rumah Potong Hewan) Dharma Jaya," kata Anies di Balai Kota Jakarta seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, Jumat (31/7/2020).

1. Anies memilih RPH Dharma Jaya untuk menghindari kerumunan warga saat pemotongan hewan kurban

Anies Baswedan Berkurban Sapi Limousin Berbobot 1,3 TonKutaraja Aqiqah, salah satu usaha penjual hewan kurban (IDN Times/Saifullah)

Anies menyebut pemotongan tersebut dilakukan di RPH Dharma Jaya demi menghindari kerumunan warga, guna mencegah virus corona. Pemprov DKI Jakarta menitipkan 160 ekor sapi untuk dikurbankan di tempat pemotongan ini.

"Total di RPH sana ada lebih dari 800 sapi (sebagai hewan kurban). Tetapi dari Pemprov DKI Jakarta sendiri, 160 ekor sapi yang dari dari Pemprov DKI Jakarta yang dititipkan di Dharma Jaya. Jadi pemotongannya tidak di sini, tapi di Dharma Jaya," ujar dia.

Baca Juga: Catat! Ini Protokol Kesehatan Lengkap Kurban Hingga Salat Idul Adha

2. Melalui empat lembaga zakat, daging kurban dari DKI Jakarta akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu

Anies Baswedan Berkurban Sapi Limousin Berbobot 1,3 TonGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Sapi Limosinnya (Antara/Ricky Prayoga)

Sapi-sapi tersebut diangkut menggunakan truk ke RPH Dharma Jaya. Setelah pemotongan, dagingnya didistribusikan empat lembaga zakat yakni Baznas-Bazis DKI, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Rumah Zakat dan Human Initiative ke masyarakat kurang mampu.

Sebelumnya, Anies menyerahkan hewan kurban sebanyak 34 ekor sapi yang bersumber dari aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta. Melalui KORPRI 12 sapi, BUMD Academy 20 sapi, PT JNE dua sapi dan Bank DKI Syariah dua sapi.

3. Anies melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta

Anies Baswedan Berkurban Sapi Limousin Berbobot 1,3 TonGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Antara/Ricky Prayoga)

Anies Baswedan, pimpinan DPRD dan pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya mengikuti Salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta.

Anies terlihat duduk di barisan depan masjid sejak sebelum pukul 07.00 WIB. Kemudian disusul Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sekitar pukul 07.00 WIB.

Di barisan depan, terlihat Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, pimpinan DPRD DKI, serta beberapa pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Balai Kota tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengambil jarak antar jemaah sekitar satu meter di kiri kanannya.

Baca Juga: [BREAKING] Anies Baswedan Perpanjang PSBB DKI Jakarta

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya