Australia Sumbang Rp35 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

Total bantuan Australia untuk Indonesia adalah Rp53 miliar

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Australia memberikan dana sebesar 3,6 juta dolar Australia atau setara dengan sekitar Rp35 miliar untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia. Kedutaan Besar Australia mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen Australia untuk bekerja dengan Indonesia dalam menanggapi dampak pandemik COVID-19.

“Skala krisis yang belum pernah terjadi ini mengharuskan kita semua untuk bekerja bersama untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan bersama kita,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (4/7/2020).

1. Bantuan tersebut diyakini bisa mengembalikan peluang ekonomi Indonesia

Australia Sumbang Rp35 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaFoto aerial kendaraan melintas di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Sejumlah ruas jalan utama ibu kota lebih lengang dibandingkan hari biasa karena sebagian perusahaan telah menerapkan bekerja dari rumah guna menekan penyebaran virus Corona atau COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ia meyakini bahwa dukungan tersebut bisa mengembalikan peluang ekonomi, memberikan informasi yang tepat waktu dan akurat tentang risiko COVID-19. Selain itu, ia juga mengatakan dukungan tersebut bisa digunakan sebagai pasokan bantuan penting untuk perempuan, anak-anak dan masyarakat rentan memiliki akses terhadap bantuan utama.

Bantuan tersebut diberikan melalui Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Tidak ada semangat kolektif yang lebih kelas dari pada pekerjaan penting para relawan Palang Merah Indonesia dalam komunitas mereka sendiri untuk membantu menghadapi tantangan ini. Saya mengagumi dedikasi dan energi mereka,” kata Dubes Quinlan.

Baca Juga: Media Australia: Indonesia Bisa Jadi Hotspot COVID-19 Baru di Dunia!

2. Perlu adanya kolaborasi antara banyak pihak dalam menjalankan tugas kemanusiaan

Australia Sumbang Rp35 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaPetugas PMI menyemprot disinfektan di Pura Kerta Jaya, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia, Sudirman Said mengatakan, tugas organisasi kemanusiaan membutuhkan kolaborasi antara banyak pihak. Sehingga, kolaborasi tersebut dapat menyederhanakan dan mempercepat bantuan untuk mereka yang membutuhkan.

“Kami menghargai mitra kami yang telah mempercayakan mandat mereka kepada kami. Kami didukung oleh personel dan sukarelawan kami yang siap bekerja tanpa lelah untuk misi kemanusiaan,” ujarnya.

Australia sendiri telah bekerja sama dengan PMI dalam menanggapi bencana selama beberapa tahun.

3. Bantuan Rp35 miliar tersebut adalah tahap awal dari total bantuan Rp53 miliar

Australia Sumbang Rp35 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaDuta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO (ANTARA/Aria Cindyara)

Bantuan Rp35 miliar tersebut adalah tahap awal dari paket baru dukungan lima tahun sebesar 5,4 juta dolar Australia, atau setara dengan Rp53 miliar. Bantuan tersebut ditujukan untuk Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan PMI guna memperkuat manajemen bencana Indonesia.

Australia juga telah mengadaptasi program pembangunannya di Indonesia untuk memberikan respons langsung terhadap COVID-19. Inisiatif-inisiatif baru untuk memberikan dukungan langsung terhadap respons kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi Indonesia yang mencapai nilai 21 juta dolar Australia.

Baca Juga: Indonesia Disebut Hotspot COVID-19, Wiku: Media Australia Gak Objektif

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya