Comscore Tracker

Bamsoet Undang 100 Klub Otomotif ke Gedung MPR, Ngapain Ya?

Katanya acara tersebut sudah sesuai protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau yang lebih akrab disapa Bamsoet mengundang ratusan pecinta otomotif se-Indonesia ke Gedung MPR/DPR RI pada Minggu 23 Agustus 2020. Acara itu dibuat untuk sosialisasi empat pilar MPR.

Bamsoet menjelaskan, alasan mengundang komunitas atau klub otomotif itu untuk mengajak mereka menerapkan nilai-nilai Pancasila, Bineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Umum Komunitas Volkswagen Indonesia Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, juga Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Lestari Moerdijat yang hadir secara virtual.

Sementara, peserta dari komunitas atau klub otomotif antara lain City Car Community Indonesia (C3I), dan Avanza Xenia Owner Club (AXOC).

1. Acara dihadiri 300 peserta

Bamsoet Undang 100 Klub Otomotif ke Gedung MPR, Ngapain Ya?IDN Times/Fariz Fardianto

Dalam pidato pembukaan, Bamsoet mengatakan, acara tersebut telah mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Peserta yang yang datang berjumlah 300 orang dan 100 klub atau komunitas otomotif.

"Acara hari ini mendapat respons yang luar biasa dari klub-klub lainnya. Tapi karena mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan jaga jarak dalam masa pandemik ini, kami hanya bisa menampung 300 peserta dari 100 klub. Namun saya rasa, mewakili dari 300 klub otomotif yang ada di Indonesia,” ujar Bamsoet saat membuka secara di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Pakai Baju Betawi, Ketua MPR Bamsoet Baca Teks Proklamasi di Istana

2. Bamsoet ajak peserta mendalami empat pilar MPR

Bamsoet Undang 100 Klub Otomotif ke Gedung MPR, Ngapain Ya?Pengibaran bendera dari bawah laut Pulau Poncan Gadang, Sibolga, Sumatra Utara, Senin (17/8/2020). (Dok. IDN Times/Komantab)

Bamsoet mengajak peserta untuk merenungi lebih mendalam empat pilar MPR. Misalnya saja dengan penerapan secara lebih konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dalam rangka memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, kita semua harus memiliki pandangan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, yakni mendalami dan mengimplementasikan empat pilar secara konsisten,” kata politikus Partai Golkar itu.

3. Persaudaraan di dunia otomotif sama dengan nilai yang diperjuangkan dengan para pejuang bangsa

Bamsoet Undang 100 Klub Otomotif ke Gedung MPR, Ngapain Ya?Klub Otomitif yang datang ke Gedung MPR (ANTARA/ HO)

Bamsoet mengatakan, dalam dunia otomotif, ada istilah brotherhood atau persaudaraan. Hal itu adalah gambaran dari salah satu nilai yang sudah lama diperjuangkan oleh para pejuang dan pendahulu bangsa Indonesia.

"Karena itu, Indonesia harus menjaga nilai-nilai yang telah diperjuangkan secara susah payah dengan air mata, harta, darah bahkan nyawa dari para pejuang dan pendahulu bangsa Indonesia tersebut," ujar dia.

“Jaga itu semua sampai kapan pun. Saya yakin rakyat Indonesia mampu, sebab banyak yang telah melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti para anggota komunitas ini dengan prinsipnya persaudaraan atau brotherhood, itu juga merupakan nilai-nilai luhur bangsa,” lanjut Bamsoet.

Baca Juga: MPR: Kebakaran Kejagung Harus Diusut Terbuka Agar Tak Ada Spekulasi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya