Bandara Kediri Dibangun Awal 2020

Luhut ingatkan masyarakat jangan sampai terprovokasi

Kediri, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Bandara Kediri sudah pasti akan segera dilaksanakan. Menurutnya, proses panjang perencanaan Bandara Kediri kini sudah masuk ke dalam list proyek strategis nasional.

Hal tersebut disampaikan Budi Karya saat kunjungan kerja bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan sejumlah menteri Kabinet Kerja pada Sabtu (31/8) di Kediri, Jawa Timur.

"Saya pastikan bandara ini jadi dibangun, apalagi telah melalui proses panjang dan sudah dijadikan proyek strategis nasional," kata Budi Karya.

Baca Juga: Bandara Internasional Yogyakarta Ditargetkan Rampung 2019

1. Bandara Kediri mulai dibangun awal 2020

Bandara Kediri Dibangun Awal 2020IDN Times/Toni Kamajaya

Budi Karya menjelaskan, pemerintah ingin pembangunan Bandara Kediri sudah dapat dilakukan awal 2020.

Sementara itu, Menko Maritim Luhut Pandjaitan menjelaskan, realisasi pembangunan Bandara Kediri sudah mundur satu tahun dari rencana awal.

"Peletakan batu pertama kita berharap Januari tahun depan (2020)," ujar Luhut.

2. Luhut targetkan bandara selesai pada 2021

Bandara Kediri Dibangun Awal 2020IDN Times/Hana Adi Perdana

Luhut menargetkan, Bandara Kediri dapat selesai dibangun pada akhir 2021. Sebab, pembangunannya sudah mundur satu tahun.

"Kita sudah mundur satu tahun, jadi kalau nanti kita mulai Januari tahun depan, saya pikir 2021 akhir akan selesai seperti Bandara Kulon Progo," ujar Menko Luhut.

3. Luhut ingatkan masyarakat jangan mudah terprovokasi

Bandara Kediri Dibangun Awal 2020IDN Times/Hana Adi Perdana

Luhut menegaskan kepada masyarakat Kediri yang lahannya terdampak pembangunan bandara, agar tidak mudah terprovokasi. Menurutnya, masyarakat jangan sampai terpengaruh pihak-pihak yang hendak menghambat pembangunan bandara.

Dia menekankan, pemerintah akan memberikan yang hal terbaik dan tidak akan merugikan masyarakat.

"Tidak ada yang bermaksud merugikan bapak-ibu sekalian, pasti akan memberi nilai tambah, karena itu perintah dari Presiden untuk memberikan yang terbaik terhadap rakyat," tegasnya. 

4. Pembangunan bandara diharapkan membawa dampak positif

Bandara Kediri Dibangun Awal 2020IDN Times/Axel Joshua Harianja

Menhub Budi yakin, dengan adanya pembangunan bandara tersebut, akan memberikan dampak yang sangat positif serta meningkatkan konektivitas antar daerah. Selain itu, pembangunan bandara tersebut juga akan berdampak langsung pada perkembangan suatu daerah tidak terkecuali bagi masyarakatnya.

"Apabila ini menjadi bandara, maka daerah sekitar nanti akan tumbuh menjadi suatu daerah pusat keekonomian baru. Di situ ada industri, kuliner, ada pariwisata, dan sebagainya" ujar Budi Karya.

Selain dampak sosial dan ekonomi, Budi Karya juga menyebutkan, dengan pembangunan bandara di Kediri, nantinya akan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Di Kulonprogo kita membangun hanya dua tahun. Begitu pun Bandara Kediri, dalam kesempatan yang Insyaallah kita lakukan awal tahun depan, itu tidak lebih dari dua tahun kita selesaikan. Banyak kesempatan bekerja bagi bapak-ibu sekalian di pembangunan, dan yang lebih luar biasa lagi pada saat bandara berhasil dibangun, kesempatan kerja itu banyak sekali," ungkap Budi Karya.

Baca Juga: Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan Berkualitas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya