Comscore Tracker

BCA Donasikan Alat Operasi untuk Bantu Penderita Katarak di Indonesia

Bos BCA imbau perusahaan lain juga ikut andil

Jakarta, IDN Times - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengimbau perusahaan besar lain untuk ikut andil secara aktif membantu masyarakat yang mengalami kebutaan katarak. Menurut Jahja, katarak adalah penyakit yang mudah untuk diobati, tetapi masyarakat cenderung tidak memiliki biaya untuk operasi.

Untuk membantu penderita katarak, BCA memberikan donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak ke Ketua Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK Perdami) Pengurus Pusat, Umar Mardianto.

Dengan demikian, Jahja berharap perusahaan lain juga dapat membantu para penderita katarak melalui program-programnya.

"Dari segi awam bukan susah diobati, begitu gampang dokter menyembuhkan mereka. Sulit karena hal biaya. Oleh karena itu, BCA menyerahkan donasi alat operasi katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat," ujar Jahja saat membuka acara Penyerahan Donasi Alat Operasi Katarak dan Sarana Pengambilan Darah Donor oleh BCA di Menara BCA, Jalan MH Tamrin, Jakarta pada, Selasa (3/12).

Baca Juga: Ingin Punya Kartu Kredit BCA? Begini Caranya

1. BCA juga donasikan 1 buah mikroskop dan 1 mesin phacoemulsifikasi ke Perdami

BCA Donasikan Alat Operasi untuk Bantu Penderita Katarak di IndonesiaPresiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

BCA juga mendonasikan 1 buah mikroskop ke Perdami Cabang DKI Jakarta, yang secara simbolis diterima oleh Ketua Perdami Cabang DKI Jakarta, Elvioza.

Selain itu, satu buah mesin phacoemulsifikasi juga didonasikan ke Perdami Cabang Riau, yang diterima oleh Isfiyanto sebagai perwakilan Perdami Cabang Riau.

2. Jahja juga menyerahkan donasi 6 set Blood Scale & Mixer ke PMI Jakarta

BCA Donasikan Alat Operasi untuk Bantu Penderita Katarak di IndonesiaPresiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Dalam acara tersebut, Jahja mewakili BCA juga menyerahkan donasi berupa 6 set Blood Scale & Mixer kepada Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. Jahja menyerahkan donasi tersebut ke Wakil Kepala UTD PMI DKI Jakarta, Niken Ritchie.

"Donasi ini ditujukan untuk mendukung peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia," ujar Jahja.

Jahja juga melaporkan, melalui Bakti BCA, sebanyak 47.000 kantong darah telah di donorkan ke PMI.

Jumlah kantong darah tersebut berhasil dikumpulkan melalui 108 kegiatan donor darah yang BCA selenggarakan.

"Mengumpulkan kantong darah itu pun salah satu kegiatan yang secara sah dan patut untuk kita terus lakukan, untuk mendukung PMI dalam menyediakan kebutuhan darah," tutur Jahja.

3. Katarak adalah penyumbang terbesar kebutaan di Indonesia

BCA Donasikan Alat Operasi untuk Bantu Penderita Katarak di IndonesiaPresiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 30 Agustus 2018, katarak merupakan penyumbang terbesar kebutaan di Indonesia. Hampir 60 persen dari kebutaan yang dialami masyarakat Indonesia akibat katarak.

"Dengan latar belakang itulah BCA memiliki komitmen tinggi untuk berusaha mengurangi salah satu masalah penting di bidang kesehatan yang dihadapi Indonesia," tutup Jahja.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya