Belum Positif, Jenazah Bupati Morut Dimakamkan seperti Pasien COVID-19

Hasil pemeriksaan cepat yang ia jalani negatif

Jakarta, IDN Times - Pemakaman jenazah Bupati Morowali Utara (Morut), Aptripel Tumimomor, dilakukan dengan protokol penanganan pasien meninggal virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Gowapada pada Jumat (3/4). Juru bicara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Haris Kariming menjelaskan, hal itu dilakukan atas permintaan dari pihak keluarga.

"Benar, atas permintaan keluarga, jenazah almarhum telah dimakamkan di pekuburan Gowa," katanya seperti dikutip dari kantor berita Antara di Palu, Jumat.

Haris menjelaskan, jenazah Aptripel dimakamkan di tempat pemakaman aparatur sipil negara. Lokasi tersebut memang telah disiapkan oleh pemerintah provinsi untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19.

1. Aptripel menjalani pemeriksaan cepat virus corona sebelum meninggal dunia

Belum Positif, Jenazah Bupati Morut Dimakamkan seperti Pasien COVID-19Proses pemeriksaan tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Mengenai kabar tentang pemeriksaan virus corona yang dijalankan oleh Aptripel, Haris membenarkan kabar tersebut. Pembenaran itu juga diperkuat oleh pernytaan Kepala Bagian Humas Morut Heri Pinontoan melalui Facebook resmi Pemerintah Kabupaten yang menyatakan bahwa Bupati Morut sudah menjalani pemeriksaan COVID-19.

Heri menjelaskan, tipe pemeriksaan yang dilakukan oleh Aptripel adalah pemeriksaan cepat virus corona di RSU Kolonodalenamun hasilnya negatif. Lalu pada Kamis (2/4) sampel swabnya diperiksa di Makassar namun hasilnya belum diketahui.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Akses 43 Ribu Karyawan di Morowali Dibatasi

2. Aptripel sedang mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam pilkada serentak

Belum Positif, Jenazah Bupati Morut Dimakamkan seperti Pasien COVID-19(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Heri mengatakan bahwa sebelumnya Bupati menjalani perawatan di RSU Kolonodaledi ibu kota Kabupaten Morutnamun kemudian dirujuk ke Makassar pada Rabu (1/4) untuk mendapat perawatan lanjutan.

Aptripel Tumimomor adalah seorang pengusaha yang pada Februari 2016 terpilih menjadi bupati definitif hasil pilkada pertama di Kabupaten Morut. Aptripel pun sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti pilkada serentak 2020.

3. Aptripel adalah dosen universitas di Makassar

Belum Positif, Jenazah Bupati Morut Dimakamkan seperti Pasien COVID-19Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor (ANTARA/HO Humas Pemda Morut)

Aptripel meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo Makassar pada Kamis (2/4) malam sekitar pukul 22.30 WITA, setelah dirawat dua hari di rumah sakit tersebut.

Pria yang lahir di Kolonodalepada 3 April 1966 itu sampai akhir hayatnyamasih tercatat sebagai dosen UKIP (Universitas Kristen Indonesia Petra) Makassar.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara Sulteng Meninggal Dunia di RS Wahidin Makassar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya