Comscore Tracker

Berdedikasi Tinggi, Almarhum Sutopo Raih Penghargaan dari Menpan RB

Istri Sutopo menerima penghargaan untuk sang suami tercinta

Jakarta, IDN Times - Mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Almarhum Sutopo Purwo Nugroho mendapatkan penghargaan sebagai 'Dia yang Dikenang' dalam acara Malam Anugerah ASN 2019 di Jakarta, Senin (2/12) malam.

Penghargaan tersebut diberikan karena Sutopo dinilai memiliki dedikasi dam integritas tinggi meski tengah berjuang melawan kanker.

"Ia tetap memberikan informasi (bencana) walaupun sedang sakit, bahkan hingga akhir hayat," ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja saat membacakan penghargaan untuk Sutopo.

1. Istri Sutopo, Retno menerima penghargaan untuk mendiang suami

Berdedikasi Tinggi, Almarhum Sutopo Raih Penghargaan dari Menpan RBIstri mendiang Sutopo Purwo Nugroho, Retno Utami menerima penghargaan untuk sang suami (IDNTimes/Aldzah Fatimah Aditya)

Istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan untuk mendiang suaminya. Saat naik ke atas panggung, raut wajah haru muncul pada Retno.

Retno tidak kuasa mengucapkan sepatah kata pun saat menerima penghargaan itu. 

Namun, ia terlihat berusaha untuk tetap tegar dan menerima penghargaan tersebut tanpa meneteskan air mata.

2. Sutopo mengidap kanker paru-paru stadium IVB

Berdedikasi Tinggi, Almarhum Sutopo Raih Penghargaan dari Menpan RBdok. IDN Times/Istimewa

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Walaupun sakit, kondisi itu tidak membuatnya menghentikan aktivitas hariannya. Pria tersebut masih tetap semangat untuk bekerja, mengajar, dan melakukan kegiatan lainnya.

Sutopo bahkan tetap aktif memberikan informasi mengenai perkembangan penanganan bencana alam.

Namun perjuangan Sutopo harus berakhir. Sutopo Purwo Nugroho dikabarkan meninggal dunia pada, Minggu (7/7). Ia meninggal sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou atau pukul 01.00 WIB.

3. Sutopo meninggal di Ghuangzhou

Berdedikasi Tinggi, Almarhum Sutopo Raih Penghargaan dari Menpan RBIDN Times/Dhana Kencana

Sutopo Purwo Nugroho pun dikabarkan meninggal dunia pada, Minggu (7/7). Ia meninggal sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou atau pukul 01.00 WIB.

“Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali,” tulis Sutopo di Instagramnya saat akan pergi ke Guangzhou untuk berobat, Sabtu (15/6).

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwifantya Aquina

Just For You