BNPB Berikan Bantuan Dana Atasi Banjir ke Kota Bekasi Rp1 Miliar

Setiap camat harus menyerahkan proposal untuk dapat bantuan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar untuk korban banjir di wilayah Kota Bekasi pada Sabtu (4/1). Bantuan secara simbolis diserahkan secara langsung oleh Kepala Bencana Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo bersama dengan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di tempat pengungsian korban banjir, Gudang BNPB, Jatiasih, Kota Bekasi sore tadi. 

Doni menjelaskan, dana bantuan tersebut adalah dana siap pakai untuk memenuhi segala kebutuhan korban banjir. Salah satu kebutuhan korban banjir yang kini tengah mengungsi di Gudang BNPB yakni alat untuk membersihkan rumah. 

"Itu adalah dana siap pakai sebagaimana tadi yang disampaikan ibu camat keluhannya adalah alat pembersih, dan kita semua menyadari saat ini yang paling penting masyarakat adalah memiliki alat pembersih," tutur Doni. 

Lalu, bagaimana bila ada daerah lainnya yang juga ingin memperoleh dana bantuan bencana?

1. Dana tersebut akan dialokasikan secara keseluruhan di wilayah Kota Bekasi yang terdampak banjir

BNPB Berikan Bantuan Dana Atasi Banjir ke Kota Bekasi Rp1 Miliar(Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo ) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Doni mengatakan, dana yang diberikan oleh BNPB akan dialokasikan untuk seluruh kelurahan yang ada di Kota Bekasi yang terdampak banjir. Dengan begitu, masyarakat bisa bergotong royong untuk melakukan pembersihan lingkungan yang terkena bencana banjir. 

"Dana bantuan tadi kami alokasikan untuk Kota Bekasi untuk didistribusikan ke seluruh kelurahan dan sampai dengan tingkat RT/RW supaya masyarakat nanti bisa gotong royong," kata Doni.

Baca Juga: Pemprov DKI Tepis Tudingan Pangkas Anggaran Banjir demi Formula E

2. Dana bantuan dari BNPB dapat digunakan untuk membeli perlengkapan bersih-bersih rumah dan jalan

BNPB Berikan Bantuan Dana Atasi Banjir ke Kota Bekasi Rp1 Miliar(Gudang BNPB untuk pengungsi banjir) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Kapusdatin BNPB Agus Wibowo menjelaskan dana tersebut diberikan oleh pemerintah untuk segala kebutuhan korban banjir di Kota Bekasi. Salah satu kebutuhan korban banjir di sana yakni membeli alat pembersihan rumah, membersihkan jalan dan memperbaiki tanggul yang jebol. 

"Jalanan dibersihkan itu bisa dipakai untuk membayar kegiatan tersebut misalnya ya sewa buldozer, perbaikan tanggul jebol, hingga membersihkan rumah warga yang kotor," tutur Agus di Gudang BNPB di Bekasi. 

3. Setiap camat harus mengajukan proposal untuk mendapatkan dana bantuan

BNPB Berikan Bantuan Dana Atasi Banjir ke Kota Bekasi Rp1 Miliar(Gudang BNPB untuk pengungsi banjir) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Lalu, Agus juga menjelaskan untuk mendapatkan dana bantuan dari BNPB maka setiap camat harus melakukan pendataan kebutuhan dari warganya yang terdampak banjir. Setelah pendataan selesai, camat harus membuat proposal untuk mengajukan permintaan dana ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi.

"Yang ngatur (alokasi dana) BPBD, lalu camat ngajuin proposal nanti, ngajuin ini.. ini.. ini.. minta sama BPBD nanti dikasih, di camatnya yang atur akan dipakai untuk keperluan apa aja," tutur Agus.

https://www.youtube.com/embed/iW0a8OFyNxY

Baca Juga: 5 Momen Evakuasi Aminah Cendrakasih  Mak Nyak Si Doel dari Banjir

Topik:

Berita Terkini Lainnya