BPBD Peringatkan Warga yang Masih Cari Pakan Ternak di Lereng Merapi

Aktivitas vulkanik Merapi bisa tiba-tiba naik

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meminta warga selalu waspada dengan kemungkinan erupsi Gunung Merapi. Peringatan itu secara khusus ditujukan kepada para pencari rumput pakan ternak, terutama di zona rawan bencana berjarak kurang dari lima kilometer dari puncak gunung.

"Daerah jelajah warga yang mencari rumput ini kan bisa sampai ke atas, bahkan sampai radius tiga kilometer dari puncak Merapi. Dengan perkembangan aktivitas Merapi saat ini kami minta warga tetap selalu waspada terhadap setiap perkembangan aktivitas Merapi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwn di Sleman seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (15/11/2020).

1. Kenaikkan aktivitas Gunung Merapi sangat mungkin terjadi secara tiba-tiba

BPBD Peringatkan Warga yang Masih Cari Pakan Ternak di Lereng MerapiFoto suasana pemandangan Gunung Merapi dengan deretan permukiman warga lereng gunung tersebut terlihat dari kawasan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dia mengatakan pencari rumput memang rata-rata sudah mengenal medan di kawasan lereng Merapi. Namun, masyarakat harus tetap waspada karena aktivitas vulkanik Gunung Merapi sangat memungkinkan naik secara tiba-tiba. 

"Selain itu saat ini juga sudah masuk musim hujan, sehingga cukup rawan," katanya.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Bertema yang Terletak di Kaki Gunung Merapi, Seru!

2. Warga yang mencari pakan ternak diimbau yang miliki kemampuan gerak cepat

BPBD Peringatkan Warga yang Masih Cari Pakan Ternak di Lereng MerapiANTARA FOTO/Rudi/hn/pd

Ia mengimbau warga yang mencari rumput untuk pakan ternak memiliki kondisi fisik yang memungkinkan untuk bergerak dengan cepat. Sehingga, bila terjadi sesuatu di lereng Merapi dapat segera menghindar.

"Utamanya warga yang masih muda, meskipun banyak juga warga yang sudah tua juga terbiasa mencari rumput di atas," katanya.

3. Pihak BPBD berupaya menyediakan kendaraan angkutan untuk pencari pakan ternak

BPBD Peringatkan Warga yang Masih Cari Pakan Ternak di Lereng MerapiANTARA FOTO/Rizky Tulus

Ia menjelaskan, pihaknya berupaya membantu warga pencari rumput dengan menyediakan kendaraan angkutan. Sehingga warga bisa bersamaan mencari pakan ternak.

"Selama ini kan banyak warga yang menggunakan sepeda motor untuk mengangkut pakan ternak, sehingga kami upayakan bisa menyediakan truk untuk dipakai bersama-sama mengangkut pakan ternak," katanya.

4. Warga Dusun Kalitengah Lor masih banyak yang beraktivitas mencari pakan di lereng Merapi

BPBD Peringatkan Warga yang Masih Cari Pakan Ternak di Lereng MerapiAngin berembus di lereng Gunung Merapi terlihat dari kawasan Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Camat Cangkringan Suparmono mengatakan saat ini sejumlah warga Dusun Kalitengah Lor yang ada di barak pengungsian Glagaharjo masih banyak yang beraktivitas mencari pakan ternak di lereng Merapi. Bukan hanya itu saja, hingga kini masih banyak ternak milik warga yang belum diungsikan.

"Sehingga setiap pagi warga ini kembali naik ke Kalitengah Lor untuk mengurus ternaknya, termasuk mencari rumput pakan ternak di lereng Merapi. Namun, kami minta mereka yang naik ke atas, kalau bisa paling lambat jam 18.00 WIB sudah kembali ke barak pengungsian," katanya.

Baca Juga: Gunung Merapi Alami 19 Kali Gempa Guguran Pagi Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya