[BREAKING] BPBD Cek Dampak Gempa Sukabumi Berkekuatan Magnitudo 5,0  

Getaran gempa terasa hingga 6 detik 

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (10/3) sekitar pukul 17.18 WIB. Gempa tersebut bersumber di 6,89 Lintang Selatan dan 106,62 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Km.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melaporkan, guncangan akibat gempa tersebut dapat dirasakan secara kuat selama lima detik oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Guncangan sedang juga dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor sekitar 4-6 detik. Lalu, guncangan dengan kekuatan sedang juga dirasakan di Kota Sukabumi dengan durasi 4-5 detik.

Sampai saat ini, BPBD Kabupaten Sukabumi masih mengumpulkan informasi dampak gempa tersebut.

Agus juga melaporkan, guncangan gempa terasa sampai ke Gedung Graha BNPB, Jakarta selama 20 detik. Guncangan tersebut sempat membuat panik peserta acara Rapat Koordinasi Gotong Royong Penanganan Virus Corona COVID-19.

Namun, Kepala BNPB Doni Monardo yang juga berada di lokasi, langsung mengimbau agar orang-orang di ruangan rapat tetap tenang.

"Pak Doni bilang jangan panik, jangan panik, semua diam. Alhamdulillah tidak ada yg panik dan tidak ada kerusakan," ujar Agus kepada IDN Times melalui pesan singkat.

Berdasarkan info BMKG, gempa berlokasi di 6,89 Lintang Selatan dan 106,62 Bujur Timur, pada kedalaman 10 km, di 13 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi. Tapi gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gempa Sukabumi Jadi Trending Topik, Dirasakan Warga Jakarta dan Bogor

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya