[BREAKING] Empat Capim KPK dari Polri Lolos Profile Assessment

Komisioner aktif KPK Laode M Syarif tidak lolos 

Jakarta, IDN Times - Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengumumkan 20 orang yang lolos dari tahap profile assessment pada Jumat (23/8). Dari 20 nama itu ada empat orang dari latar belakang kepolisian, dua orang memiliki latar belakang KPK, dan tiga orang dari Kejaksaan. Mereka disaring melalui proses profile assessment yang digelar selama dua hari pada 8-9 Agustus di gedung Lemhanas, Jakarta Pusat. 

Dari empat orang berlatar belakang kepolisian itu, mantan Deputi Penindakan KPK, Irjen (Pol) Firli Bahuri dan Antam Novambar lolos ke tahapan selanjutnya. Sementara, komisioner aktif KPK, Laode M. Syarif tidak lolos dari profile assessment

"Dari 40 peserta yang hadir mengikuti profile assessment, yang dinyatakan lulus profile assessment sebanyak 20 orang. Peserta yang lulus wajib mengikuti tes kesehatan dan wawancara, serta uji publik," ujar Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di gedung Sekretariat Negara ketika memberikan keterangan pers pada siang ini sekitar pukul 14:00 WIB. 

Sebelumnya, juru bicara KPK, Febri Diansyah mengharapkan agar capim institusi antirasuah yang terpilih benar-benar yang memiliki integritas. Bukan, malah menghasilkan calon pimpinan yang akan melemahkan institusi antirasuah dari dalam. Sebab, upaya pelemahan dari dalam institusi KPK sendiri dinilai lebih berbahaya dan sering kali tak nampak kasat mata. 

"Agar itu tidak terjadi, tentu proses seleksi yang ketat dan tidak adanya sikap permissif dari pansel terhadap poin sekecil apa pun. Kami harapkan temuan sekecil apa pun, termasuk terkait kepatuhan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) bisa ditindak lanjuti," kata Febri di gedung KPK pada Kamis malam (22/8). 

Usai lolos dari profile assessment, maka tahap selanjutnya yang harus dilalui 20 capim yakni uji publik dan wawancara dengan pansel. Bagi kalian yang memiliki informasi mengenai latar belakang capim, bisa mengirimkan masukan itu ke alamat surat elektronik panselkpk2019@setneg.go.id. Atau kalian juga mengirimkan informasi tersebut ke KPK melalui call centre di nomor 198 atau melalui surel pengaduan@kpk.go.id. Jangan lupa kalian tulis di subyek surel CAPIM.

Ikuti terus pemberitaan mengenai pengumuman 20 nama capim KPK yang lolos dari tahap profile assessment hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Ini Daftar Nama 40 Capim KPK yang Lolos dari Tahap Psikotest

Topik:

Berita Terkini Lainnya