Comscore Tracker

Bumbu Hingga Obat Khas Nusantara Akan Warnai Rakernas dan HUT 47 PDIP

Rakernas mengangkat tema sejarah peradaban nusantara

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), PDI Perjuangan akan mengangkat tema Perkuat Jati Diri Kebudayaan Nasional Melalui Susunan Haluan Negara Berdasarkan Lima Prioritas Industri Nasional.

"Hal tersebut sebagai komitmen terhadap kebudayaan otentik bangsa dan membentuk jadi diri bangsa yang berdaulat," kata Hasto saat konferensi pers di Gedung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada, Rabu (11/12).

1. Rakernas akan diawali diskusi dengan tema sejarah peradaban nusantara

Bumbu Hingga Obat Khas Nusantara Akan Warnai Rakernas dan HUT 47 PDIPKonferensi Pers Ultah PDIP ke-74 dan Rakernas 1 PDIP oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Hasto menjelaskan rakernas akan diawali dengan pembahasan yang mengangkat tema akar dan sejarah peradaban nusantara melalui jalur rempah, kekayaan spiritualitas bangsa, flora, dan fauna. Hal-hal tersebut adalah kekayaan hayati nusantara yang berperan penting dalam membentuk peradaban nusantara.

"Hingga menggali sumber pangan, bumbu-bumbuan, dan obat-obatan khas nusantara, yang dikaji dengan menempatkan riset dan inovasi, sebagai huluan dalam merancang jalan kemakmuran bangsa," ujar dia.

Baca Juga: PDIP Jateng Mulai Proses Pendaftaran untuk Ikut Pilkada 2020

2. Rakernas bertema Indonesia sebagai negara industri berbasis riset dan inovasi

Bumbu Hingga Obat Khas Nusantara Akan Warnai Rakernas dan HUT 47 PDIPSekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) saat konferensi pers jelang HUT ke-74 dan Rakernas 1 PDIP. (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Hasto menyebutkan tema rekernas adalah Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional. "Dengan sub tema Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari," kata dia.

Untuk lima industri yang akan dibahas, kata Hasto, mencakup lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat yaitu pangan sandang papan, pendidikan dan kesehatan, lapangan kerja sosial, jaminan sosial infrastruktur dan lingkungan hidup, serta mental dan rohani.

3. Rakernas akan jadi momentum konsolidasi pemerintah

Bumbu Hingga Obat Khas Nusantara Akan Warnai Rakernas dan HUT 47 PDIPSekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) saat konferensi pers jelang HUT ke-74 dan Rakernas 1 PDIP. (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Menurut Hasto, Rakernas I PDIP akan menjadi momentum konsolidasi politik pemerintahan yang pertama setelah Kongres V.

“Melalui HUT partai, PDIP menyadari tanggung jawabnya sebagai partai pemenang dua kali berturut-turut, tanggung jawab terhadap masa depan dan tanggung jawab untuk merumuskan pokok-pokok haluan negara, dengan mengedepankan riset dan inovasi nasional,” ujar dia.

4. Rakernas akan diikuti 4.731 peserta

Bumbu Hingga Obat Khas Nusantara Akan Warnai Rakernas dan HUT 47 PDIPSekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (IDN Times/Daruwaskita)

Hasto menyebutkan rakernas akan diikuti 4.731 peserta yang mewakili tiga pilar partai yakni struktural, eksekutif, dan legislatif.

“PDI Perjuangan menyadari bahwa pembahasan haluan negara bukan sekadar langkah politik, namun jalan kebudayaan yang berakar kuat dengan sejarah peradaban bangsa namun visioner. Karena mencakup pandangan 25 tahun, 50 tahun, hingga 100 tahun, serta membumi pada kehendak rakyat Indonesia," kata dia.

Peringatan HUT ke-47 dan Rakernas I PDIP akan ditutup dengan malam kebudayaan sebagai komitmen partai dalam program nation and character building yang berdiri kokoh pada kebudayaan otentik bangsa.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Incar Kursi Wali Kota Solo, Gibran Daftar ke DPD PDIP Hari Terakhir

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Rochmanudin

Just For You