Cegah Virus Corona, TransJakarta Hentikan Sementara Rute Non Koridor

Kebijakan itu berlaku Senin, 23 Maret 2020

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Trans Jakarta) kembali memberlakukan penyesuaian jam operasional untuk mencegah wabah virus corona di ibu kota. Kebijakan itu sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 337 Tahun 2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Wabah COVID-19 di Jakarta.

Mulai Senin (23/3) mendatang, bus TransJakarta hanya beroperasi di rute dalam koridor pada pukul 06:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB.

"Hal itu berguna untuk memastikan terselenggaranya social distancing dalam bus dengan frekuensi bus yang memadai pada setiap koridor dan halte transit," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Nadia Diposanjoyo di dalam keterangan tertulis yang IDN Times diterima pada Sabtu (21/3).

Lalu, rute-rute mana saja yang tidak akan dilewati oleh bus itu dimulai Senin pekan depan?

1. Rute non koridor akan diberhentikan untuk sementara waktu

Cegah Virus Corona, TransJakarta Hentikan Sementara Rute Non KoridorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nadia menjelaskan kebijakan lain yang diambil oleh pihak TransJakarta yaitu pemberhentian sementara rute - rute non koridor. Selain itu, layanan bus feeder non koridor, Bus Wisata, Angkutan Perbatasan, Angkutan Rusun, Royal Trans, Mikrotrans hingga angkutan malam hari (AMARI) juga diberhentikan untuk sementara waktu.

"Penutupan halte dilakukan pada pukul 20.00 WIB," ujarnya.

Baca Juga: Operasional MRT dan TransJakarta Kembali Dibatasi, Ini Jadwalnya!

2. Penumpang yang masih di dalam halte saat jam tutup akan tetap dilayani

Cegah Virus Corona, TransJakarta Hentikan Sementara Rute Non KoridorIlustrasi (IDN Times/Gregorius Aryo Damar)

Walaupun demikian, Nadia memastikan bagi pelanggan yang masih berada di dalam halte setelah halte ditutup akan tetap mendapat pelayanan dari TransJakarta. Hal itu karena, pihaknya menyadari antrean dapat terjadi karena adanya pembatasan penumpang dalam satu bus.

"Kami pastikan akan kami layani dengan baik," ujar Nadia.

3. Penumpang diharapkan memenuhi aturan jaga jarak secara disiplin

Cegah Virus Corona, TransJakarta Hentikan Sementara Rute Non KoridorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, Trans Jakarta mengajak para penggunanya untuk disiplin dengan mematuhi peraturan jarak aman yang telah ditentukan. Selain itu, pelanggan diharapkan juga benar-benar membatasi aktivitas keluar rumah yang dapat menyebabkan terpapar virus corona. 

"Kendati dilakukan pembatasan, TransJakarta secara konsisten tetap melaksanakan prosedur sterilisasi bus dan halte secara berkala setiap hari, memberikan keterangan tempat pijakan jarak aman di dalam dan luar bus," tutur Nadia. 

Untuk mencegah virus corona menyebar dengan masif, TransJakarta juga meniadakan transaksi menggunakan uang tunai. Sebab, uang tunai diyakini merupakan alat yang bisa menularkan virus itu ke individu lain. 

Selain itu, TransJakarta juga menyediakan hand sanitizer, memastikan petugas dalam kondisi kesehatan yang baik, memeriksa kesehatan pelanggan sebelum menggunakan layanan dan memaksimalkan siaga layanan kesehatan pada seluruh koridor.

Jadi, diikuti ya, guys aturan yang sudah diterapkan oleh TransJakarta demi mencegah penyebaran virus corona!

https://www.youtube.com/embed/Xa7hjvz7aHU

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

Berita Terkini Lainnya