Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa di Hari ke-16 Ramadan 1441 H 

Tidak terasa umat muslim sudah jalani setengah bulan Ramadan

Jakarta, IDN Times - Tidak terasa hari ini, Sabtu (9/5), puasa Ramadan 1441 Hijriah sudah memasuki hari ke-16. Sebagai tahap awal akan dimulainya puasa Ramadan, sahur menjadi hal yang penting.

Berdasarkan jadwal puasa 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, pada hari ke-16 Ramadan 1441 H, waktu imsak jatuh pada pukul 04.25 WIB.

Waktu imsak menjadi penanda bahwa azan subuh sebentar lagi berkumandang dan segala aktivitas makan dan minum segera dihentikan. Pada hari ini, azan subuh berkumandang pada pukul 04.35 WIB.

Baca Juga: Makan Mi Instan saat Sahur? Ini Efek dan Dampaknya pada Puasa

1. Jangan lupa baca doa niat puasa Ramadan seperti di bawah ini

Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa di Hari ke-16 Ramadan 1441 H Ilustrasi bedoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada saat sahur, jangan lupa membaca doa niat berpuasa. Niat ini fungsinya untuk membedakan tujuan umat muslim dalam beribadah.

Berikut doa niat puasa Ramadan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."

2. Puasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa di Hari ke-16 Ramadan 1441 H Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) R Dwi Bundiningsari, menjalankan ibadah puasa mampu meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Hal ini menjadi penting di tengah pandemik COVID -19

"Sejumlah penelitian menyebutkan, berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa berisiko meningkatkan infeksi virus corona," kata Dwi di Yogyakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (24/4).

Puasa dapat mempercepat perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dan memproduksi sel-sel darah putih baru. Tidak hanya imunitas tetapi puasa juga dapat membantu mengeluarkan zat-zat adiktif pengawet dan pewarna makanan. 

3. Kopi tidak dianjurkan pada saat sahur

Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa di Hari ke-16 Ramadan 1441 H Ilustrasi kopi (IDN Times/Sunariyah)

Sahur menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Menu santapan yang kita konsumsi saat sahur akan memiliki efek pada saat kita menjalankan puasa seharian. 

Kopi tidak disarankan dikonsumsi ketika sahur. Minum kopi ketika sahur dikhawatirkan dapat menimbulkan dehidrasi, lantaran sifat diuretik pada kopi dapat membuat frekuensi buang air kecil meningkat. Hal seperti ini tentunya akan sangat berbahaya, karena selama berpuasa kamu tidak diperbolehkan minum ataupun makan sepanjang hari.

Baca Juga: Selain Puasa Ramadan, Ini 11 Puasa Lainnya dalam Islam

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya