Merapi Siaga, Cek Status 18 Gunung Api Aktif Lain di Pulau Jawa

Ada 3 gunung api di Pulau Jawa berstatus waspada

Jakarta, IDN Times - Status Gunung Merapi naik dari level II (waspada) ke level III (siaga). Level III memiliki arti terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik secara signifikan.

Pada status Siaga ada peningkatan seismik yang didukung dengan pemantauan vulkanik lainnya, serta terlihat jelas perubahan baik secara visual maupun perubahan aktivitas kawah.  Letusan kemungkinan besar terjadi dan area potensi bahaya letusan berada di daerah kawasan rawan bencana (KRB) II.

"Masyarakat dilarang melakukan kegiatan di dalam area KRB II," tulis Magma Indonesia seperti dikutip dari magma.vsi.esdm.go.id, Senin (9/11/2020).

Aktifnya Gunung Merapi membuat masyarakat, khususnya di sekitar gunung api lain pun ikut waspada. Maklum, Indonesia dikelilingi oleh deretan gunung api aktif, sehingga ditakutkan bisa terjadi di wilayah lainnya.

1. Ada 3 gunung aktif yang berstatus waspada di Pulau Jawa

Merapi Siaga, Cek Status 18 Gunung Api Aktif Lain di Pulau JawaSejumlah pengendara melintasi Jalan Boyolali-Magelang dengan berlatar belakang Gunung Merapi di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/foc.).

Pulau Jawa saat ini memiliki tiga gunung aktif yang berstatus level II atau waspada yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Raung.

Status Waspada menunjukkan mulai meningkatnya aktivitas seismik dan mulai muncul kejadian vulkanik. Pada status ini juga mulai terlihat perubahan visual di sekitar kawah. Mulai terjadi gangguan magmatik, tektonik, atau hidrotermal, namun diperkirakan tak terjadi erupsi dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Status Gunung Merapi Naik Jadi Siaga, Ganjar: Warga Jangan Panik

2. Sebanyak 15 gunung api aktif lainnya berstatus normal

Merapi Siaga, Cek Status 18 Gunung Api Aktif Lain di Pulau JawaIlustrasi Gunung Meletus (Merapi) (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, sebanyak 15 gunung api aktif di Pulau Jawa berstatus level I atau normal. Status level I yaitu tidak ada indikasi peningkatan aktivitas vulkanis secara visual maupun kegempaan.

"Masyarakat bisa melakukan aktivitas secara normal kecuali aktivitas mendekati kawah gunung api," tulis Magma Indonesia.

3. Daftar 19 gunung api di Pulau Jawa

Merapi Siaga, Cek Status 18 Gunung Api Aktif Lain di Pulau JawaGunung Kelud (Website/google.com/maps/place/Kelud)

Masyarakat tak perlu khawatir, mereka bisa melihat status gunung api lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan, misalnya gunung api di wilayah Pulau Jawa. Laman Magma Indonesia menampilkan peta sebaran gunung api di seluruh Indonesia. Secara total, ada 19 gunung api di Pulau Jawa. 

Berikut ini daftar status gunung api di Pulau Jawa per 9 November 2020:

1. Gunung Salak
2. Gunung Gede
3. Gunung Tangkuban Perahu
4. Gunung Ciremai
5. Gunung Guntur
6. Gunung Papandayan
7. Gunung Galunggung
8. Gunung Slamet
9. Gunung Dieng
10. Gunung Sundoro
11. Gunung Sumbing
12. Gunung Merapi
13. Gunung Kelud
14. Gunung Arjuno Welirang
15. Gunung Bromo
16. Gunung Semeru
17. Gunung Lamongan
18. Gunung Raung
19. Gunung Ijen

Baca Juga: Merapi Status Siaga, Objek Wisata Pantai di Bantul Diserbu Wisatawan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya