Comscore Tracker

Cerita Satu Desa di Konawe Selatan Golput Pilkada Serentak 2020

KPU Sulawesi Utara menyayangkan aksi golput ini

Jakarta, IDN Times - Seluruh warga Desa Matabondu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, kompak melakukan golput pada hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2020, Rabu, 9 Desember 2020. Hal itu sebagai ungkapan rasa kekecewaan karena mereka tidak pernah mendapatkan dana desa selama 12 tahun.

Aksi tersebut bahkan dipimpin langsung oleh Kepala Desa Matabondu Ahmad. Ahmad mengaku sudah sejak 2007, desanya tidak pernah mendapat kucuran dana.

"Sudah berkali-kali (mempertanyakan hal tersebut), kecewa sekali, kalau memang sudah ada anggaran kenapa sampai saat ini tidak ada kejelasan," kata Ahmad seperti dikutip dari ANTARA, Senin (14/12/2020).

Baca Juga: Mengejutkan Satu Kampung Golput Pilkada, Ini Kata Ketua DPD La Nyalla 

1. Warga berharap tersendatnya kucuran dana desa dapat ditindak lanjuti

Cerita Satu Desa di Konawe Selatan Golput Pilkada Serentak 2020Satu Desa di Konawe Selatan golput (ANTARA/Saharudin/Satrio Giri/Sizuka)

Ahmad secara langsung memimpin pengembalian Formulir C Pemberitahuan KWK ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara. Dia mengaku aksi tersebut dilakukan agar masalah tersendatnya kucuran dana desa segera ditindak lanjuti.

"Dengan segala hormat mengembalikan ke KPU provinsi ini sebagai niat kami itu semua jelas dan tidak sampai di sini saja," katanya.

2. KPU Sulawesi Utara menyayangkan sikap golput warga Desa Matabondu

Cerita Satu Desa di Konawe Selatan Golput Pilkada Serentak 2020Satu Desa di Konawe Selatan golput (ANTARA/Saharudin/Satrio Giri/Sizuka)

Sementara, Ketua KPU Sulawesi Utara La Ode Abdul Natsir menyayangkan sikap golput warga Desa Matabondu. Ia mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi soal pentingnya penyaluran hak suara pada Pilkada Serentak 2020.

"Sedemikian rupa kita upayakan sampai dengan di masa COVID-19, pun itu kita coba untuk tidak memengaruhi pelayanan hak pilih di TPS," kata dia.

Namun, KPU Sulawesi Utara tetap menerima pengembalian Formulir C Pemberitahuan KWK untuk menghargai aspirasi warga.

3. Ada 250 pemilih di Desa Matabondu

Cerita Satu Desa di Konawe Selatan Golput Pilkada Serentak 2020Satu Desa di Konawe Selatan Golput (ANTARA/Saharudin/Satrio Giri/Sizuka)

Matabondu tercatat sebagai desa di Kementerian Desa (Kemendes). Matabondu adalah desa dengan nomor 19 di Kecamatan Laonti, dengan jumlah pemilih di Pilkada Serentak 2020 sebanyak 250 wajib pilih.

Baca Juga: Bawaslu Selidiki Amplop Rp30 Ribu Dugaan Politik Uang di Pilkada Depok

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya