DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?

Pemerintah izinkan masyarakat mudik lebaran tahun ini

Jakarta, IDN Times - Komisi V DPR RI memberi catatan khusus kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar memperhatikan kembali transportasi mudik dan balik lebaran tahun ini. Sebab keamanan, keselamatan, dan kelancaran arus mudik harus jadi fokus utama.

“Selain harus melakukan koordinasi lintas sektor, Kemenhub juga harus rutin melakukan cek moda transportasi massal serta sarana transportasinya,” jelas Ketua Komisi V DPR Lasarus, saat memimpin rapat kerja Komisi V DPR dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang disiarkan langsung melalui YouTube Komisi V DPR RI Channel, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Masyarakat Mudik Lebaran

1. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan Kemenhub demi kelancaran mudik

DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?Suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Lasarus juga menekankan beberapa hal yang perlu dicermati, antara lain peningkatan aspek keselamatan, keamanan, dan kelancaran mobilisasi mudik. Selain itu, juga memperhatikan kualitas pelayanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk meminimalisir kecelakaan transportasi.

“Kemenhub harus memperhatikan perencanaan dan pembangunan yang mengedepankan konektivitas transportasi nasional. Sebagai bentuk dukungan sistem logistik yang terintegrasi dengan jaringan transportasi darat, laut, dan udara jelang arus mudik,” katanya.

2. Masih banyak keluhan penumpang terkait pelayanan moda transportasi mudik

DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?IDN Times/Imam Rosidin

Ia mengatakan, keluhan para penumpang masih banyak ditemukan. Misalnya di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara saat mengakses moda transportasi mudik. Ia menjelaskan bahwa keluhan tersebut berkaitan dengan pelayanan bagi para penumpang yang tidak maksimal.

“Kemenhub harus memperbanyak informasi dan edukasi pada semua simpul transportasi massal,” ujarnya.

3. Pemerintah tidak larang masyarakat mudik lebaran tahun ini

DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemerintah memutuskan untuk tidak melarang masyarakat mudik lebaran tahun ini. Keputusan itu diambil walaupun Indonesia saat ini masih masa pandemik COVID-19.

"Terkait dengan mudik (lebaran) 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang," katanya, Selasa.

4. Kemenhub akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 soal mekanisme mudik

DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?Protokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Untuk keamanan masyarakat, Budi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 terkait mekanisme mudik. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan tracing kepada mereka yang mudik demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita atur bersama Satgas dengan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan berpergian. Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Tidak Larang Mudik Lebaran, Ini Kata Gubernur Banten

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya