Fraksi PDIP: Komjen Listyo Calon Kapolri Keren, Programnya Millennial

Program Komjen Listyo dinilai gambarkan era millennial

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III Fraksi PDI Perjuangan Safaruddin mengatakan, Komjen Listyo Sigit Prabowo adalah calon kapolri yang keren. Sebab, menurut dia, program yang ditawarkan Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan menggambarkan era millennial.

"Bapak calon kapolri yang millennial, kita sudah memasuki era millennial saat ini. Jadi kalau bahasa kerennya, bapak calon kapolri yang keren," ujar Safaruddin, saat menyampaikan masukan dalam fit and proper test calon Kapolri, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Catat, Ini Delapan Komitmen Calon Kapolri Listyo Sigit Ketika Menjabat

1. Fraksi PDIP sampaikan enam hal kepada Komjen Listyo

Fraksi PDIP: Komjen Listyo Calon Kapolri Keren, Programnya MillennialListyo Sigit Prabowo (ANTARA/HO-Humas Polri)

Pada kesempatan tersebut, Fraksi PDIP menyampaikan enam hal kepada calon Komjen Listyo. Di antaranya soal transformasi organisasi dan pembinaan kultur Polri yang dinilai belum selesai. 

"Ketiga ini masalah restorative justice (keadilan restoratif), bagaimana kriterianya, hukum-hukum tindak pidana apa yang akan menjadi kriteria di restorative justice," ujar Safaruddin. 

Selain kejahatan siber, Safaruddin mengingatkan, kejahatan konvensional juga tetap perlu diperhatikan.

2. Banyak jenderal menganggur menjadi sorotan Fraksi PDIP

Fraksi PDIP: Komjen Listyo Calon Kapolri Keren, Programnya MillennialKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Dok. IDN Times/Istimewa)

Fraksi PDIP juga meminta Listyo agar memperbaiki pembinaan karier Polri. Menurut Safaruddin, hal itu harus menjadi perhatian karena banyak jenderal-jenderal yang menganggur.

"Jangan ada lagi anjak (analisis kebijakan), sudah sekolah sudah memenuhi syarat tapi jadi anjak, gak ada kerjaan," kata dia.  

Terakhir, Safaruddin mempertanyakan bagaimana Listyo menjalankan program-program yang tidak tercantum di dalam anggaran Polri 2021.

3. Uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri diprediksi berjalan mulus

Fraksi PDIP: Komjen Listyo Calon Kapolri Keren, Programnya MillennialKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Dok. IDN Times/Istimewa)

Komisi III DPR RI melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini, Rabu (20/1/2021). Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin meyakini, Listyo akan melewati tahapan tersebut dengan mulus. 

"Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR RI hingga nanti menjadi Kapolri baru," ujar Ujang melalui keterangan tertulis, Rabu.

Baca Juga: Herman Hery Komisi III Minta Kapolri Baru Gaspol Keadilan Restoratif

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya