Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Setinggi 3 Kilometer

Gempa terjadi selama 540 detik akibat semburan awan panas

Jakarta, IDN Times - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Subagyo melaporkan Gunung Semeru di Jawa Timur, mengeluarkan guguran awan panas hingga setinggi tiga kilometer pada Senin (3/3) pukul 17.33 WIB. Dia mengatakan, situasi Gunung Semeru saat ini masuk dalam level II atau Waspada.

Walaupun fenomena alam tersebut sering terjadi, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar wilayah Gunung Semeru.

"Fenomena alam tersebut sudah sering terjadi dan kondisi saat ini masih aman dan terkendali," ujar Subagyo seperti dikutip dari keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima IDN Times, Selasa (3/3).

1. Guguran awan panas teramati dengan amplitudo 23 milimeter dengan durasi gempa 540 detik

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Setinggi 3 KilometerIlustrasi Gunung Meletus (Merapi) (IDN Times/Arief Rahmat)

Subagyo menjelaskan, guguran awan panas tersebut teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter. Durasi dari gempa akibat kejadian tersebut yaitu 540 detik.

"Luncuran awan panas tersebut mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama," ujarnya.

Baca Juga: Jalur Belum Aman, Pendakian Semeru Masih Ditutup

2. Masyarakat tidak dianjurkan beraktivitas pada radius satu kilometer

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Setinggi 3 KilometerANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan, sesuai dengan pernyataan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), masyarakat diimbau agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer.

Imbauan tersebut juga berlaku untuk masyarakat di wilayah sekitar empat kilometer sektor lereng selatan-tenggara yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama.

3. Masyarakat juga diharap waspada dengan potensi luncuran awan panas di Kawang Janggring Saloko

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Setinggi 3 KilometerANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Agus juga menyampaikan agar masyarakat terus waspada terhadap potensi terjadinya luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko. Sikap waspada tersebut diharapkan sebagai pencegahan terjadinya bencana.

"Masyarakat juga diharapkan agar selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko agar kemudian fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana," ujar Agus melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Bandara Adi Sumarmo Ditutup Sementara

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya