Comscore Tracker

Ini Alasan Polisi Tembak Mati Harimau Penerkam Petugas Sinka Zoo

Satu harimau buas lainnya masih berkeliaran, tetap waspada

Jakarta, IDN Times - Dua ekor harimau lepas dari Sinka Zoo, Tanjung Bajau, Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Jumat (5/2/2021). Salah satu harimau yang bernama Elka, tewas ditembak oleh petugas saat proses pencarian.

Kapolres Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo mengatakan, alasan tindakan melumpuhkan dengan cara menembak tersebut diambil karena harimau dikhawatirkan membahayakan keselamatan masyarakat.

"Terpaksa kami melumpuhkan dengan penembakan terhadap salah satu harimau, karena harimau mempunyai insting memburu dan membunuh," ujarnya di kawasan Sinka Zoo Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (6/2/2021).

1. Beberapa hewan penghuni Sinka Zoo juga dimangsa oleh harimau

Ini Alasan Polisi Tembak Mati Harimau Penerkam Petugas Sinka ZooPetugas melakukan pencarian harimau yang lepas dari Sinka Zoo Singkawang Kalimantan Barat, Sabtu 6 Februari 2021 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan BKSDA Kalbar untuk pencarian dua harimau yang lepas ini. Hingga Minggu (7/2/2021) pukul 13.30 WIB, pencarian satu harimau lainnya masih akan dilakukan. Tim gabungan dari Polri, TNI dan BKSDA Kalbar masih bersiaga dengan senjata lengkap.

Operasi pencarian ini dipimpin langsung oleh Kapolres Singkawang dan Dandim 1202/Singkawang Letkol Inf Condro Edy Wibowo. Dalam pencarian, aparat gabungan juga menemukan beberapa bangkai hewan penghuni Singka Zoo yang dimangsa oleh harimau tersebut.

Baca Juga: 2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta Waspada

2. Wisatawan diimbau tidak berkunjung ke destinasi pantai Pasir Panjang hingga Pantai Bajau

Ini Alasan Polisi Tembak Mati Harimau Penerkam Petugas Sinka ZooKapores Singkawang, AKBP Prasetyo Adhi Wibowo dan tim pencarian harimau yang lepas dari Sinka Zoo Singkawang, Sabtu 6 Februari 2021 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ia mengimbau kepada wisatawan dan masyarakat sekitar Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan dan kawasan Sinka Zoo untuk berhati-hati dan waspada karena satu hewan buas yang lepas belum ditemukan. Selain itu wisatawan agar sementara menghindari berkunjung ke destinasi wisata.

"Wisatawan yang sudah terlanjur datang di akhir pekan ini, untuk sementara waktu menjauhi dulu kawasan wisata di sepanjang pantai Pasir Panjang hingga Pantai Bajau,” ujar Prasetyo.

3. Seorang petugas tewas diserang

Ini Alasan Polisi Tembak Mati Harimau Penerkam Petugas Sinka ZooNadia, harimau betina Melayu berumur 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, yang menurut pihak kebun binatang teruji positif terinfeksi virus corona (COVID-19) muncul pada foto tanpa tanggal yang disediakan Kebun Binatang Bronx di New York. (ANTARA FOTO/WCS/Handout via REUTERS)

Sebagaimana diketahui, dua harimau di Sinka Zoo lepas dari kandang pada Jumat (5/2/2021) sore. Seorang petugas yang biasanya memberi makan hewan di kebun binatang ini mencoba mengevakuasi harimau ini. Namun nahas, ia justru tewas diserang.

Kedua harimau tersebut lepas diperkirakan karena faktor alam, hujan yang terus mengguyur membuat kandang harimau di Sinka Zoo longsor sehingga menimbulkan lubang yang menjadi celah kedua harimau untuk kabur dari kebun binatang.

Baca Juga: Harimau Lepas dari Sinka Zoo Singkawang Akhirnya Berhasil Ditangkap

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya