Kamu Isolasi Mandiri Virus Corona? Ini 2 Parameter Keberhasilannya

Pastikan kamu benar-benar sehat pada hari terakhir isolasi

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, parameter keberhasilan isolasi mandiri adalah tidak adanya keluhan hingga masa akhir inkubasi selama 14 hari.

"Keberhasilan itu yang pertama ialah manakala dia tanpa keluhan sampai hari terakhir isolasi (14 hari)," ujar Yurianto dalam diskusi Sukses Isolasi Mandiri Selama 14 Hari oleh Gugus Tugas COVID-19 di channel YouTube BNPB Indonesia, Senin (6/4).

1. Apabila seseorang sehat tanpa keluhan pada hari ke-14, maka isolasi mandiri dikatakan berhasil

Kamu Isolasi Mandiri Virus Corona? Ini 2 Parameter Keberhasilannyainstagram.com/idntimes

Yurianto memberikan contoh, apabila seseorang terjangkit virus corona tanpa keluhan hingga hari ke-14 isolasi mandiri ia masih tetap sehat dan tanpa keluhan, maka ia dapat dikatakan berhasil.

Bukan hanya itu, dia juga menyebutkan, apabila seseorang saat awal terjangkit virus corona mengalami sedikit keluhan, misalnya batuk atau demam dan kemudian dalam masa inkubasi terpanjang (14 hari) tersebut sembuh, maka dia juga bisa dikatakan berhasil.

Kamu Isolasi Mandiri Virus Corona? Ini 2 Parameter Keberhasilannya(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Ini Parameter Tanda Berhasilnya Isolasi Mandiri Pasien Virus Corona

2. Isolasi mandiri tetap diawasi petugas kesehatan

Kamu Isolasi Mandiri Virus Corona? Ini 2 Parameter Keberhasilannya(Dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Namun, Yurianto menyebutkan, pelaksanaan isolasi mandiri tentunya diawasi petugas kesehatan. Pengawasan tersebut dilakukan sejak awal hingga hari terakhir, sebab hal terpenting yang harus dilakukan dalam isolasi diri ialah kontrol kesehatan.

"Sehingga siapa pun yang melakukannya sudah pasti berada dalam pengawasan petugas kesehatan," tutur Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan itu.

3. Selain pengawasan, petugas kesehatan juga akan mengedukasi individu yang melakukan isolasi mandiri

Kamu Isolasi Mandiri Virus Corona? Ini 2 Parameter KeberhasilannyaDirektur Jenderal P2P Kemenkes Achmad Yurianto (Dok. Gugus Tugas COVID-19)

Kemudian setelah 14 hari, kata Yurianto, seseorang yang menjalani isolasi mandiri akan dilakukan pemeriksaan ulang. Hal ini tentunya sudah diketahui pula oleh petugas kesehatan atau Puskesmas.

"Petugas Puskesmas pasti sudah tahu, karena selalu monitoring dan memberikan edukasi terkait COVID-19 selama 14 hari tersebut," ujar dia.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala Sebelumnya

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya