Comscore Tracker

Irwan Ardi Hasman Resmi Gantikan Riza Patria Jadi Anggota DPR

Riza Patria mundur setelah terpilih jadi Wagub DKI

Jakarta, IDN Times - DPR RI melantik anggota pengganti antarwaktu (PAW) Irwan Ardi Hasman untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Irwan menggantikan Ahmad Riza Patria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Irwan Ardi Hasman dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan Jawa Barat III, menggantikan Ahmad Riza Patria," kata Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat paripurna ke 12 masa sidang III tahun sidang 2020-2021 yang disiarkan langsung YouTube DPR RI, Kamis (21/1/2021).

1. Riza Patria mundur dari anggota DPR karena terpilih jadi Wagub DKI

Irwan Ardi Hasman Resmi Gantikan Riza Patria Jadi Anggota DPRWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ahmad Riza Patria mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR karena terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia dilantik secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu 15 April 2020.

Riza menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah Sandiaga Uno mundur pada Agustus 2018 lalu. Kala itu, Sandiaga Uno mundur untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

Baca Juga: Riza Patria: Anies Baswedan Siap Divaksinasi COVID-19

2. Irwan Ardi bersumpah dengan tata cara agama Islam

Irwan Ardi Hasman Resmi Gantikan Riza Patria Jadi Anggota DPRRapat Paripurna DPR RI (Youtube.com/DPR RI)

Saat upacara pelantikan, Irwan Ardi bersumpah akan menjalankan kewajibannya sebagai anggota DPR. Sumpah tersebut dilakukan dengan tata cara agama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945," ujar Irwan.

3. Ia berjanji untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan dan negara

Irwan Ardi Hasman Resmi Gantikan Riza Patria Jadi Anggota DPRAnggota DPR RI Irwan Ardi Hasman (Youtube DPR RI)

Dalam sesi pemberian sumpah tersebut, Irwan mengatakan akan mengutamakan kepentingan bangsa dan di negara, dari pada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

"Bahwa saya akan memperjuangankan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Riza Patria Ungkap Kondisi Anies Selama 23 Hari Positif COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya