Comscore Tracker

Istri Gibran Selvi Ananda Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK Solo

Selvi juga duduki jabatan Ketua Dekranasda Solo

Jakarta, IDN Times - Selvi Ananda, istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, resmi dilantik menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dekranasda (Dekranasda), Jumat (25/2/2021). Selvi dilantik secara virtual oleh Ketua TP PKK Jawa Tengah dan Ketua Dekranasda Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo.

"Pada hari ini, saya selaku Ketua TP PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, telah melantik Nyonya Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekrasnada Kota Surakarta," kata Atikoh yang dikutip kanal YouTube KompasTV, Jumat.

1. Tugas Selvi sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Solo

Istri Gibran Selvi Ananda Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK SoloPelantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo (Youtube.com/KompasTV)

Sebelumnya, jabatan Ketua Tim Penggerak PKK tersebut diduduki oleh Endang Rudyatmo. Endang adalah istri dari mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

PKK sendiri dikenal dengan 10 program pokok yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Baca Juga: Gibran Jadi Wali Kota Solo, Selvi Ananda Duduki Dua Jabatan Penting

2. Apa itu Dekranasda?

Istri Gibran Selvi Ananda Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK SoloPelantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo (Youtube.com/KompasTV)

Selain menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, ibu dua anak tersebut juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Solo. Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan serta mengembangkan usaha.

Selain itu, Dekranasda bertujuan untuk menanamkan kesadaran masyrakat akan pentingnya kerajianan, mengembangkan identitas budaya, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan UKM, dan turut merumuskan pembinaan bimbingan kerajinan dalam perundang-undangan maupun kebijakan Pemerintah serta program Pendidikan Nasional.

3. Gibran dilantik sebagai Wali Kota Solo secara virtual hari ini

Istri Gibran Selvi Ananda Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK SoloGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Wali Kota Solo usai dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Pranowo pada Jumat (25/2/2021) pagi. Pelantikan tersebut dilakukan secara daring untuk menyesuaikan protokol kesehatan COVID-19.

Gibran bersama pasangannya Teguh Prakosa berhasil unggul dari Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) di Pilkada Solo 2020. Hal itu sesuai dengan hasil rekapitulasi suara dari 1.231 tempat pemungutan suara (TPS) di lima kecamatan di Kota Surakarta. Gibran-Teguh mendapat 225.451 suara. Sementara paslon nomor urut 2, Bajo mendapatkan 35.055 suara.

Baca Juga: Istana Bantah Tolak Revisi UU Pilkada karena Ingin Gibran ke DKI

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya