ISWAMI Kutuk Pelaku yang Parodikan Lagu Indonesia Raya di YouTube

Malaysia diminta terbuka soal hasil investigasi

Jakarta, IDN Times - Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) mengutuk penghina lagu Indonesia Raya yang sedang viral di media sosia. ISWAMI menilai perbuatan tersebut adalah cerminan dari perilaku yang tidak beradab, tidak bermoral, dan dapat merusak hubungan kedua negara.

"ISWAMI mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Malaysia yang menyelidiki pemilik akun YouTube My Asean. ISWAMI juga mengapresiasi Kementerian Luar Negeri Indonesia, yang cepat menanggapi perihal penghinaan tersebut," jelas Presiden ISWAMI Indonesia Asro Kamal Rokan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Malaysia Kutuk Keras Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya

1. Pihak berwajib Malaysia diminta terbuka jelaskan hasil investigasi

ISWAMI Kutuk Pelaku yang Parodikan Lagu Indonesia Raya di YouTubeIlustrasi Pengibaran Bendera Merah Putih (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Asro meminta pihak berwajib Malaysia secara terbuka menjelaskan hasil investigasinya. Termasuk kewarganegaraan pemilik akun YouTube tersebut.

"Yang bisa saja warga negara Malaysia atau bukan, dan juga motif dari penghinaan tersebut," katanya.

2. Kasus penghinaan tersebut harus diselesaikan secara cepat

ISWAMI Kutuk Pelaku yang Parodikan Lagu Indonesia Raya di YouTubeIDN Times / Larasati Rey

Ia juga menekankan bahwa hubungan harmonis antara Indonesia dan Malaysia harus tetap dijaga. Oleh sebab itu, kasus penghinaan harus dapat diselesaikan dalam waktu cepat agar kasus seperti ini tidak lagi terjadi pada masa mendatang.

"Kami mengimbau netizen kedua negara untuk selalu mempertimbangkan akibat-akibat dari unggahan di sosial media, yang dapat berakibat negatif dan merugikan banyak pihak," tuturnya.

3. Hashtag IndonesiaRaya duduki trending topic Twitter

ISWAMI Kutuk Pelaku yang Parodikan Lagu Indonesia Raya di YouTubeIlustrasi bendera yang berada di pinggir pantai (IDN Times/Sunariyah)

Warganet di Tanah Air dibuat geram dengan parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Parodi tersebut diduga dibuat oleh pemilik akun YouTube MY Asean, yang berlogo bendera Malaysia.

Kecaman warganet membuat tagar #IndonesiaRaya menduduki trending topic di Twitter, dengan hampir 328 ribu cuitan pada Senin (28/12/2020) pagi.

Baca Juga: Indonesia Raya Diparodikan, Netizen RI Kecam Akun YouTube Malaysia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya