Comscore Tracker

Jadi MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo Bertekad Jadikan Birokrasi Lebih Efektif

Tjahjo Kumolo sebelumnya jadi menteri dalam negeri

Jakarta IDN Times – Politikus PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, dipercaya kembali oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Berbeda dari periode pertama pemerintahan Jokowi, pada periode kedua, Tjahjo dipercaya menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Dalam pidato saat serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Tjahjo mengungkapkan tekadnya untuk akselerasi reformasi birokrasi dengan memunculkan hal yang inovatif.

Tjahjo bercerita, saat dia menjabat menteri dalam negeri di Kabinet Kerja Jokowi, ia pernah memaparkan inovasi pelayanan publik di Ruang Sriwijaya Kementerian PAN-RB. Di ruangan yang sama, Tjahjo mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan birokrasi lebih efektif.

"Saya bertekad menjadikan birokrasi pemerintah lebih cepat, efektif, dan efisien, dengan menciptakan inovasi," ujar Tjahjo, Rabu (23/10).

Tjahjo menjelaskan, tata kelola pemerintahan akan semakin efektif apabila ada reformasi birokrasi. "Salah satu cara agar efek percepatan reformasi birokrasi itu dirasakan masyarakat, adalah dengan menciptakan terobosan di setiap unit kerja instansi pemerintah," ujar dia.

Masih kata Tjahjo, inovasi di lingkup birokrasi, menimbulkan gairah di seluruh pemerintah daerah. Selain itu, berani untuk melakukan terobosan, harus dimiliki setiap penyelenggara pelayanan publik.

“Sesuatu hal yang cukup menarik karena rebranding setiap instansi, harus berani mengeluarkan inovasi-inovasi sekecil apa pun untuk transparansi dan membangun keterbukaan,” ungkap Tjahjo.

Dalam pidatonya Tjahjo juga mengatakan, peningkatan sumber daya manusia aparatur melalui pendidikan juga menjadi fokusnya.

"Tidak sekadar peningkatan kualitas SDM dan inovasi pelayanan publik, reformasi birokrasi juga berdampak pada iklim investasi," tuturnya. Menurut Tjahjo, nilai kemudahan berusaha dan berinvestasi akan meningkat ketika alur birokrasi lebih transparan serta tak berbelit. Tjahjo kumolo.

https://www.youtube.com/embed/MbcMEdzdGfU

Baca Juga: Cerita Tjahjo Kumolo yang Jalani 3 Kali Sertijab Dalam Satu Hari

Topic:

  • Sunariyah

Just For You