Jelang Berakhirnya PSBB, Anies Tinjau Kesiapan Fasilitas Puskesmas 

Anies persiapkan Jakarta untuk bisa lepas dari PSBB

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Jumat (30/5). Anies mengatakan, kedatangannya bertujuan untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan Puskesmas di minggu-minggu akhir  penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta tahap III.

"Kita menyadari bahwa ini adalah pekan penentuan. Apakah pembatasan sosial akan diteruskan atau bisa dituntaskan. Bila dituntaskan, artinya kita mulai transisi, di masa transisi ini masyarakat mulai beraktivitas di luar," ujar Anies dalam rekaman video yang diterima IDN Times, Sabtu (30/5).

Baca Juga: Anies Baswedan Tepis Kabar Mal di Jakarta akan Buka Lagi Awal Juni

1. Anies menyadari, tenaga medis akan memikul beban terberat di masa transisi

Jelang Berakhirnya PSBB, Anies Tinjau Kesiapan Fasilitas Puskesmas Anies Tinjau Puskesmas Kramat Jati (Tangkapan Layar Video)

Anies menyadari bahwa tenaga medis akan menjadi pihak yang memikul beban terberat apabila PSBB di Jakarta tidak dilanjutkan, dan mulai masuk masa transisi. Oleh karena itu, segala kebutuhan fasilitas kesehatan dan kesiapan tim medis harus dipastikan.

"Saya lihat di Kelurahan Kramat Jati tenaga medisnya siap, fasilitasnya siap, bahkan sudah disiapkan lebih dari dua ribu APD, yang itu semua dalam rangka memastikan bila di masa transisi ada yang memiliki gejala, ada yang terpapar, bisa ditangani dengan baik," tutur Anies.

2. Jakarta memastikan fasilitas kesehatan siap sebagai pertahanan terakhir melawan COVID-19

Jelang Berakhirnya PSBB, Anies Tinjau Kesiapan Fasilitas Puskesmas Puskesmas Kramat Jati (Tangkapan Layar Video)

Anies menekankan kembali bahwa fasilitas kesehatan adalah hal utama yang harus disiapkan. Sebab, hal itu menjadi pertahanan terakhir apabila masa transisi telah di mulai.

Ia menilai, kesiapan fasilitas kesehatan di Puskesmas Kramat Jati menjadi cerminan bahwa fasilitas kesehatan di Jakarta siap menyambut masa transisi.

"Bila nanti ini adalah penghabisan (PSBB) kita mulai transisi, maka pertahanan terakhirnya sudah disiapkan," ujarnya.

3. Puskesmas Kramat Jati telah menyiapkan fasilitas kesehatan sejak Januari 2020

Jelang Berakhirnya PSBB, Anies Tinjau Kesiapan Fasilitas Puskesmas Pihak Puskesmas Kramat Jati Inda (Tangkapan Layar Video)

Perwakilan Puskesmas Kramat Jati, Inda menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan fasilitas kesehatan sejak Januari 2020. Puskesmas Kramat Jati telah menyiapkan logistik dan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai, untuk menghadapi pandemik virus corona atau COVID-19.

Selain persiapan logistik, Puskesmas Kramat Jati juga memberlakukan pengaturan alur antre pasien dengan beberapa skema.

"Kita setting dengan penempatan alur yang sesuai pelapisan pasien, yang batuk demam itu sudah kita mulai dari pintu depan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihak Puskesmas Kramat Jati memberikan edukasi kepada warga sekitar tentang tindakan pencegahan COVID-19.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta: New Normal Jangan Sampai Jadi Bumerang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya