Jubir Presiden Pastikan Jokowi akan Datangi Kongres Nasdem

Jokowi netral dengan urusan para partai politik

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, mengungkapkan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah memastikan akan datang di Kongres Partai NasDem pada Senin besok (11/11).

Secara khusus, Fadjroel mengatakan Jokowi akan datang pada pukul 21.00 WIB.

"Pak Jokowi sudah memastikan akan datang," ujar Fadjroel yang ditemui usai Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan 2019, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

1. Jokowi netral dengan urusan para partai politik

Jubir Presiden Pastikan Jokowi akan Datangi Kongres NasdemIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Fadjroel menjelaskan tentang sikap netral Jokowi mengenai urusan internal para partai politik, termasuk urusan Partai Golkar dan Partai Nasdem.

"Presiden mengatakan bahwa itu adalah urusan internal dari Partai Golkar. Termasuk besok juga Nasdem, itu juga urusan internal partai Nasdem," jelas Rachman merespons adanya dugaan Jokowi cenderung mendukung satu kubu di antara kedua partai politik. 

Baca Juga: Pendiri NasDem Heran, Anies Baswedan dapat Panggung Tapi Jokowi Absen 

2. Pernyataan Jokowi tentang pelukan Surya Paloh ke PKS adalah humor belaka

Jubir Presiden Pastikan Jokowi akan Datangi Kongres NasdemANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Saat dibahas tentang pernyataan Jokowi yang membahas pelukan Surya Paloh dan Ketua DPP PKS, Sohibul Iman, Fadjroel mengatakan, itu hanyalah sebatas humor saja.

"Gak, itu humor persahabatan, sama kan kayak kita saja," jelas Fadjroel.

Selain itu, Fadjroel juga mengatakan, koalisi yang ada di kabinet Indonesia Maju sangat kuat sampai saat ini.

"Ini humor persahabatan karena ini koalisinya sangat kuat ya sampai hari ini. Koalisi Indonesia Maju juga sangat kuat," tutur Fadjroel.

3. Celetukan Jokowi soal pelukan Surya Paloh dan Ketua PKS Sohibul Iman

Jubir Presiden Pastikan Jokowi akan Datangi Kongres NasdemANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menyinggung pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Ucapan tersebut disampaikan Jokowi di Munas ke-55 Partai Golkar, Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11). Saat itu, Jokowi menyindir wajah Surya terlihat lebih cerah usai bertemu Sohibul.

"Yang saya hormati Pak Surya Paloh, kalau kita lihat malam hari ini, beliau lebih cerah dari biasanya, sehabis pertemuan Beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS," gurau Jokowi, yang mengundang tawa hadirin.

Baca Juga: Surya Paloh Disebut Lebih Layak Jadi Capres 2024 Ketimbang Anies

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya