Comscore Tracker

Junimart Ancam Lapor ke Polisi, Rocky Gerung: Bagus, Silakan Lapor!

Rocky Gerung dianggap menghina presiden

Jakarta, IDN Times - Politisi PDIP Junimart Girsang mengatakan dirinya akan melaporkan Rocky Gerung karena telah menghina Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dengan mengatakan presiden tidak mengerti Pancasila. Hal tersebut direspons santai oleh Rocky Gerung.

Bahkan, saat dihubungi oleh IDN Times, Rocky mengatakan niat Junimart untuk melaporkan dirinya adalah hal yang bagus dan dapat membuka forum diskusi tentang makna ideologi.

"Bagus. Silakan lapor agar ada diskusi publik tentang ideologi. Semua bisa belajar sejarah, belajar demokrasi, belajar konstitusi," kata Rocky kepada IDN Times melalui pesan singkat, Rabu (4/12) malam.

1. Rocky Gerung menyindir Junimart yang mengatakan presiden adalah simbol negara

Junimart Ancam Lapor ke Polisi, Rocky Gerung: Bagus, Silakan Lapor!IDN Times/Indiana Malia

Junimart sempat mengatakan, penghinaan yang ditujukan kepada Presiden Jokowi sama saja dengan menghina simbol negara.

"Karena Presiden Jokowi dari PDIP dan atas seizin pengurus, saya akan melaporkan karena sudah menghina simbol negara," ujar Junimart saat menghadiri acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (3/12).

Rocky menganggap hal itu adalah hal yang ajaib. Sebab, menurut Rocky, presiden bukanlah bagian dari simbol negara.

"Ajaib. Anggota DPR tak paham apa itu simbol negara," ujarnya.

2. Keributan menghina presiden bermula dari pembahasan izin FPI

Junimart Ancam Lapor ke Polisi, Rocky Gerung: Bagus, Silakan Lapor!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Keributan tersebut berawal dari pembahasan perpanjangan izin FPI yang tersandung isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI.

Rocky Gerung berpendapat, banyak logika yang salah timbul dari polemik perizinan FPI. Selain itu, menurut dia, pemerintah juga terlihat tidak konsisten dengan aturan yang dikeluarkan.

"Ormas harus berasaskan ideologi negara loh, di depan gak perlu, sekarang dibilang perlu. Itu kan dua hal yang ngaco logikanya, gitu. Karena negara ingin mengangkangi segala hal," ujar Rocky pada acara ILC, Selasa (3/12).

3. Pernyataan Rocky Gerung bahwa presiden tidak mengerti Pancasila menarik perhatian warganet

Junimart Ancam Lapor ke Polisi, Rocky Gerung: Bagus, Silakan Lapor!Rocky Gerung saat diundang Polda Metro Jaya untuk menjadi saksi kasus hoaks Ratna Sarumpaet. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitya)

Ucapan Rocky tentang presiden tidak mengerti Pancasila mendapat reaksi keras dari warganet hingga muncul tanda pagar #RockyGerungMenghinaPresiden. Bahkan, warganet di Twitter mendesak aparat hukum memenjarakan Rocky. Di antaranya adalah pemilik akun @CH_chotimah.

"Rocky Gerung akan dilaporkan karena sudah menghina presiden Dukung @PDI_Perjuangan.? #RockyGerungMenghinaPresiden," cuit pemilik akun @CH_chotimah, Rabu (4/12).

Baca Juga: PDIP Sudah Siapkan Berkas Laporan Rocky Gerung

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwi Agustiar

Just For You