Kabar Baik dari Timur, 12 Anak di Jayapura Sembuh dari COVID-19!

Jayapura memiliki 617 kasus positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan, ada 12 anak positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh di Kota Jayapura, Kamis (18/6).

Anak-anak tersebut dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19 setelah menjalani perawatan sekitar 20 hari.

"Pada Kamis itu yang pulang 15 orang anak dan 1 orang dewasa. Dari 15 orang anak itu, 12 anak yang betul- betul dinyatakan sembuh dari COVID-19, sedangkan yang 3 anak adalah kontak erat dengan orangtua, sehingga mereka ikut ibu dan bapaknya yang dirawat di sini pulang ke rumahnya," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/6).

1. 184 orang di Jayapura telah sembuh dari COVID-19

Kabar Baik dari Timur, 12 Anak di Jayapura Sembuh dari COVID-19!Para pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Ia melaporkan, sebelumnya jumlah pasien sembuh COVID-19 di Jayapura adalah 169 orang. Dengan adanya penambahan 15 pasien sembuh tersebut, maka secara keseluruhan jumlahnya naik menjadi 184 orang.

"Ke-15 orang yang dipulangkan itu, 1 orang berdomisili di Kelurahan Entrop, sedangkan 14 orang lainnya tinggal di Kelurahan Hamadi," tuturnya.

Baca Juga: Per Hari Ini, Kasus Positif COVID-19 di Papua Lewati Angka 1.000!

2. Jayapura memiliki 617 kasus positif COVID-19, 8 di antaranya meninggal dunia

Kabar Baik dari Timur, 12 Anak di Jayapura Sembuh dari COVID-19!Rapid tes pekerja media di LKBN Antara (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ia menjelaskan, sesuai data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Kota Jayapura sebanyak 617 orang. Dari jumlah tersebut, 8 orang di antaranya meninggal dunia.

“Jumlah pasien COVID-19 yang belum dinyatakan sembuh sebanyak 425 orang dan sekitar 100 di antaranya menjalani perawatan di Hotel Sahid Kelapa Dua, Entrop, Distrik Jayapura Selatan,” tuturnya.

3. Jayapura memiliki 203 ODP dan 18 PDP

Kabar Baik dari Timur, 12 Anak di Jayapura Sembuh dari COVID-19!Ilustrasi hasil rapid test negatif (IDN Times/Panji Galih)

Ia mengatakan, Gugus Tugas Kota Jayapura saat ini sedang memantau kondisi 96 orang yang pernah kontak dengan pasien COVID-19. Hal itu tetap dilakukan walau pun 96 orang tersebut tidak mengalami gejala sakit. Selain itu, saat ini Jayapura  memiliki 203 orang dalam pemantauan (ODP) dan 18 pasien dalam pengawasan (PDP).

"Kalau di sini, justru kita temukan sedini mungkin, justru banyak yang sembuh," katanya.

"Masyarakat tidak usah takut dan memberi stigma pada mereka yang terpapar virus ini, kalau yang ikut tes cepat kesehatan lalu reaktif harus di-swab. Yang swab kemudian hasilnya positif kita tangani. Jadi jangan dikucilkan atau pun dimusuhi, justru kita bantu," ia menambahkan.

Baca Juga: Bansos Tidak Maksimal, Tokoh Papua: Warga Papua Jangan Berharap

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya