Comscore Tracker

Kemenag Akan Bahas Naskah Khotbah Jumat dengan Ormas dan Tokoh Agama

Tema utama dari naskah khotbah Jumat yaitu moderasi beragama

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) akan memperkaya materi khotbah Jumat dengan isu-isu kontemporer. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, program penyiapan khotbah Jumat ini masih dalam tahap rencana yang akan dibahas bersama tokoh agama, tokoh ormas, dan akademisi kampus.

“Kami punya ide pengayaan narasi khotbah Jumat. Tapi ini masih rencana yang akan dibahas bersama dengan tokoh ormas, tokoh agama, serta akademisi kampus perguruan tinggi keagamaan Islam,” terang Kamaruddin Amin di Jakarta dalam keterangan tertulis, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga: Kemenag Susun Mitigasi Risiko Penyelenggaraan Umrah di Masa Pandemik

1. Naskah khotbah akan disesuai dengan kebutuhan keagamaan masyarakat kontemporer

Kemenag Akan Bahas Naskah Khotbah Jumat dengan Ormas dan Tokoh AgamaDirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin (Dok. Kemenag)

Kamaruddin mengatakan, penyusunan naskah khotbah akan dilakukan oleh tokoh agama dan akademisi yang biasa berdakwah atau menyampaikan khotbah. Penyusunan naskah diawali dengan pembahasan terkait signifikansi dan tema.

"Para penyusun akan merusmuskan bersama kebutuhan pesan keagamaan masyarakat kontemporer, lalu dituangkan dalam rumusan tema," jelasnya.

2. Moderasi beragama akan menjadi tema utama

Kemenag Akan Bahas Naskah Khotbah Jumat dengan Ormas dan Tokoh AgamaUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Ia menjelaskan, moderasi beragama akan menjadi tema utama dari khotbah. Selain itu, juga ada tema-tema keagamaan lainnya seputar ubudiyah maupun mu’amalah.

“Termasuk juga tema-tema sosial, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan Islam,” lanjutnya.

3. Naskah khotbah diharapkan bisa menjadi rujukan alternatif para pendakwah

Kemenag Akan Bahas Naskah Khotbah Jumat dengan Ormas dan Tokoh AgamaMenteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Kamaruddin berharap, naskah khotbah yang disusun dan disepakati ini bisa menjadi rujukan alternatif bagi para pendakwah.

“Ini juga menjadi bagian dari fasilitasi kita dalam meningkatkan literasi masyarakat, terkait isu-isu aktual dalam perspektif keagamaan,” tuturnya.

Baca Juga: Khotbah Jumat di Madiun Usung Tema Pencegahan Virus Corona 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya