Comscore Tracker

Kemenkes Pastikan Belum Ada Pasien Positif Virus Corona di Indonesia

Suspect dalam dunia kedokteran adalah yang biasa

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, memastikan belum ada pasien positif virus corona di Indonesia.

"Yang pasti hingga hari ini dari hasil pemeriksaan laboratorium kita dengan jejaringnya, kita tidak menemukan virus itu di Indonesia sama sekali," ujar Achmad kepada wartawan di Gedung Adhyatma, Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat (24/1).

Achmad menjelaskan, istilah suspect merupakan sebuah bahasa kedokteran yang memiliki arti diduga. Ia juga mengatakan, penggunaan kata suspect di dalam dunia kedokteran adalah hal yang biasa.

Namun, karena saat ini virus corona sedang marak dibicarakan, sehingga suspect virus corona masuk ke dalam daftar pemeriksaan lebih lanjut pihak laboratorium.

"Suspect sebenarnya bahasa diduga, artinya kalau diduga kan kita bisa ngomong apa aja, misal batuk pilek kan corona juga awalnya batuk pilek, jadi kan diduga, lah kalo sekarang temanya diduga semua kan karena kita lagi curiga sama corona," jelasnya.

Kemenkes Pastikan Belum Ada Pasien Positif Virus Corona di IndonesiaIDN Times

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Maskapai Indonesia Dilarang Terbang ke Wuhan

Topic:

  • Sunariyah
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya